Educoast, Edukasi Siaga Abrasi Pangandaran

Pantai Barat Kecamatan Pangandaran telah mengalami abrasi, yaitu pengikisan pantai hampir lebih dari 200 meter dan kawasan pantai wisata Batukaras, Kecamatan Cijulang sepanjang 4 kilometer dan lebar 12 meter. Abrasi yang terjadi di kawasan Kabupaten Pangandaran tersebut terutama disebabkan faktor alami seperti cuaca buruk yang menimbulkan gelombang tinggi dan ketiadaan penahan ombak.

Perubahan iklim memicu peningkatan aktivitas cuaca ekstrem dan gelombang tinggi. Faktor non-alami seperti alih fungsi lahan dan pengurangan areal bakau berperan mempercepat kerusakan pantai. Kesadaran publik merupakan salah satu faktor utama dalam pengurangan risiko bencana yang efektif. Masyarakat mutlak dan harus terlibat aktif dalam menghadapi bencana.

Tim pengabdian ITB menggelar EDUCOAST, edukasi masyarakat melalui Sekolah Siaga Bencana Abrasi Pantai di Kabupaten Pangandaran dilakukan dalam rangka memberikan sumbangsih nyata dan aplikasi dari ilmu kelautan terhadap permasalahan abrasi di Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan yang dilakukan yaitu kelas edukasi pesisir pada Agustus 2022 di SDN 3 Pangandaran dengan diikuti oleh 40 perwakilan dari guru SD di Kabupaten Pangandaran. Kelas dibagi ke dalam lima sesi, yaitu “Mengenal Pesisir dan Laut Pangandaran” yang dibawakan oleh Ivonne M. Radjawane, Ph.D., ”Pengenalan Bencana Pesisir di Pangandaran” oleh Mohammad Farid, Ph.D.; “Abrasi Pantai”, oleh Dr. Ayi Tarya; “Proteksi Pantai (PROSAPA)” oleh Dr. Susanna Nurdjaman; dan “Indentifikasi dan Dampak dari Air yang Tercemar” oleh Dr. M. Yudhistira Azis.

Dalam proses pembelajaran tidak cukup dengan memahami teori, tetapi perlu dilakukan juga praktik secara langsung. Pada EDUCOAST kali ini, praktik dilakukan dengan pelatihan alat sederhana seperti penggunaan alat GPS, AWS (Automatic Weather Stasion), dan Klinometer. Alat-alat tersebut berfungsi untuk pengukuran garis pantai, arah angin, kecepatan angin, curah hujan, suhu dan kelembapan lingkungan sekitar, dan kemiringan pantai.

Perwakilan guru SD pun diajak untuk melakukan penanaman 100 pohon mangrove di Pantai Tanjung Cemara Karang Tirta, Kabupaten Pangandaran. “Melalui kegiatan ini diharapkan perwakilan guru SD mampu meneruskan edukasi pengetahuan kepada siswa sekolah dan penduduk di daerah pesisir pantai,” ujar Ivonne, Ph.D. selaku ketua tim pengabdian ITB kali ini.

PENULIS ARTIKEL
Ivonne Milichristi Radjawane, S.Si., M.Si., Ph.D. • Kelompok Keahlian Oseanografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB

.

78

views

12 October 2023