Youth Edu-Action : Ekosistem Pesisir Sebagai Karbon Biru
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Ayi Tarya



Ringkasan Kegiatan

Kawasan pesisir Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki ekosistem yang relatif masih alami, antara lain hamparan padang lamun, terumbu karang, rumput laut, dan hutan mangrove. Di perairan Ujung Genteng tumbuh beragam spesies rumput laut yang tersebar di area intertidal. Hasil penelitian Sukiman (2011) di perairan ini ditemukan sekitar 17 genus rumput laut yang terdiri atas 35 spesies dengan luasan area tutupan rumput laut 203 ha. Kontribusi simpanan karbon dari setiap spesies berkisar antara 12,88 - 36,54 ton C/ha. Hasil ini mengindikasikan peran penting rumput laut tersebut dalam menyerap dan menyimpan karbon dalam bentuk biomassa. Sekolah Menengah Atas merupakan bagian dari tingkat pendidikan yang memainkan peranan penting untuk membangun dan menciptakan generasi muda yang memiliki kesadaran, kepedulian dan perilaku yang ramah lingkungan. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, program pengabdian masyarakat ini akan melakukan edukasi dan persuasi tentang peranan ekosistem pesisir sebagai blue carbon dalam upaya pendidikan mitigasi perubahan iklim kepada siswa SMAN 1 Ciracap, Kabupaten Sukabumi dan SMAN 3 Kota Sukabumi. Target kegiatan ini yang disasar adalah generasi millenial dengan menerapkan prinsip dari, oleh, dan untuk siswa melalui konsep 3A (Ajarkan, Amati, Aksi). Ajarkan dan Amati melalui pendekatan edukasi konvensional dan pengamatan lingkungan sekitar. Aksi melalui pendekatan pengembangan kreatifitas dan keterlibatan secara langsung dalam kegiatan konservasi ekosistem.



Capaian

Penerapa Karya Seni/Desain/Arsitektur/Perencanaan Wilayah, Pelaksanaan Kegiatan Kepedulian Sosial berupa pendidikan/penyuluhan/pendampingan



Testimoni Masyarakat

Perkembangan meningkatnya aktifitas pariwisata di wilayah Ujung Genteng dikhawatirkan akan mengganggu ekosistem pesisir. Masyarakat perlu diberi pemahaman bahwa ekosistem pesisir tidak hanya memiliki peranan dalam hal keindahan alam semata, tetapi ekosistem pesisir juga mempunyai peran dalam mitigasi pemanasan global. Perubahan iklim bukanlah sesuatu hal yang perlu ditakuti, akan tetapi perlu dihadapi dan dijadikan peluang untuk meningkatkan kapasitas adaptasi maupun mitigasi secara bersama. Komunitas pendidikan merupakan sasaran kelompok yang strategis.