Workshop Pengembangan Kurikulum SMK DKV bagi Guru Berbasis Kompetensi DUDI dan Teknologi Digital di Jawa Barat
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Intan Rizky Mutiaz



Ringkasan Kegiatan

Desain komunikasi visual ITB memasukin usia yang ke 50 tahun, dimana dituntut peran yang lebih nyata dalam keberadaannya di masyarakat. Saat ini perkembangan DKV didukung dengan kehadiran perkembangan Teknologi digital dan industry kreatif konten yang semakin berkembang cepat. Desain Komunikasi Visual di Dunia Industri 4.0. Perkembangan dan pertumbuhan Desain Komunikasi Visual tidak pernah bisa dilepaskan dengan kemajuan teknologi. Teknologi adalah keniscayaan bagi DKV. Sebagaimana teknologi dan manusia dalam memasuki Revolusi Industri fase keempat (Revolusi Industri 4.0), di mana teknologi digital berdampak masif terhadap kehidupan manusia di seluruh dunia.

Meskipun Revolusi Industri gelombang keempat ini tetap bertopang pada Revolusi Industri Ketiga. Hampir semua sektor seperti konsumsi, hiburan, media, infrastuktur, properti, keuangan, pendidikan, dan lain sebagainya senantiasa membutuhkan profesi desainer komunikasi visual. Fenomena ini membuka peluang tumbuhnya profesi-profesi baru terkait dengan DKV, terkait animasi dan game design. Selain perkembangan ilmu DKV di perguruan tinggi, saat ini berkembang juga minat di SMK dengan jalur minat DKV. Tentunya tidak mudah untuk menerapkan DKV di level SMK dengan keterbatasan SDM Guru dan Kurikulum yang dinamis serta tuntutan dunia idustri dalam menyerap lulusan SMK. Untuk itu perlu peran aktif dari Prodi DKV ITB dalam melakukan pendampingan untuk guru dalam mengembangkan kurikulum yang dinamis, adaptif dan inovatif. Terutama hadirnya DKV di Indonesia dengan dimotori oleh ITB sejak 50 tahun lalu menjadi momentum untuk mengimplementasikan peran perguruan tinggi dalam membina keilmuan yang berada di level vokasi sehingga terjadi kesinergian antara perguruan tinggi, SMK dan DUDI.



Capaian

Membangun jejaring dengan industri bidang digital konten kreatif, pemerintah daerah dan institusi Pendidikan (ITB).; Pendampingan Pengembangan Kurikulum SMK DKV; Berbagi pengalaman praktisi dan industri dalam menerima lulusan SMK; Pengumpulan Data Kurikulum DKV SMK Se Jawa Barat; Pemetaan potensi kompetensi SMK dalam mendukung industri kreatif Jawa Barat dan DUDI



Testimoni Masyarakat

Membangun jejaring dan eksosistem kreatif antara kampus, dunia usaha dan industri serta SMK