Atina Putri
RevolusiIndustri 4.0 menjadi suatu tantangan bagi para penduduk di Indonesia khususnyapenduduk usia remaja dimana kemampuan literasi lama (membaca, menulis, danmatematika) bukanlah menjadi acuan utama dalam menghadapi era perkembanganteknologi yang pesat ini. Dengan adanya fenomena ini diperlukan adanyapembaruan / orientasi baru dalam penyusunan kurikulum dengan mengembangkan danmengenalkan kemampuan literasi baru, yang terdiri dari literasi data, literasiteknologi, dan literasi manusia sehingga dapat menciptakan generasi yangkompetitif dengan memiliki modal dasar untuk berkiprah di masyarakat. Selainitu tantangan lain bagi generasi muda saat ini adalah dengan adanya pandemiCovid 19 yang menimpa seluruh dunia berhasil melumpuhkan berbagai sektorindustri disertai maraknya pemutusan hubungan kerja di bidang tertentu. Olehkarena itu perlu adanya terobosan baru sebagai motivasi para generasi mudauntuk mempersiapkan dan mengembangkan kemampuan tiap individu khususnya di bidangmultimedia agar dapat meningkatkan kualitas daya saingnya. Dalam rangkapengembangan kompetensi TIK sumber daya manusia Provinsi Jawa Barat, UPTDTeknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKomDik) bekerja sama denganPPTIK-ITB menggelar workshop online bagi para siswa smk dan tenaga pendidik diJabar.Kegiatanworkshop dibagi menjadi dua bagian yaitu Workshop Unity Dasar dan Workshop 3dModelling dengan blender. WorkshopPengenalan Unity Dasar Terdiri dalam 2 Pertemuan yang disusun untuk mengenalkantools unity dasar kepada peserta dan peserta dapat Menyusun sebuah skenariodalam pengembangan game, simulasi berbasis Unity. Workshop 3D Modelling denganBlender terdiri dari 6 Pertemuan yang disusun untuk mengembangkan kemampuan 3DModelling peserta. 6 Pertemuan dibagi menjadi dua sesi dimana setiap sesi nyaterdiri dari teori, pratikum dan diskusi. Kegiatan ini dilaksanakan melaluikelas belajar dan video conference mengggunakan platform cisco webex denganacara pemberian materi di bidang multimedia yang dihadiri oleh peserta darisiswa, guru, dan umum.Kegiatanini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa dan tenaga pendidikkhususnya dalam hal multimedia agar dapat meningkatkan kompetensi skill,kemampuan kreatif dan berpikir inovatif, kritis dan kolaboratif.
Publisitas
- Meningkatkan motivasi dan kemampuan peserta di bidang multimedia dan memiliki pengalaman dan portfolio karya setelah mengikuti workshop. - Mampu bekerjasama dalam tim pada saat pengerjaan project membuat model 3d Gedung sekolah.