Terapan Desain Pengemasan, Teknik Pemotretan dan Pemanfaatan Media Digital Untuk Promosi dan Pemasaran Produk UMK pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Kartib Bayu



Ringkasan Kegiatan

Dalam upaya membantu pemulihan ekonomi masyarakat akibat wabah pandemiccovid-19, pada tanggal 14 -  18Desember  2020 kepada pelaku usaha mikrokecil bidang usaha kuliner sebanyak 20 orang telah dilakukan pelatihanmanajerial dan diversifikasi pembuatan Cake dan Cookies di kecamatan  Taman Raja Kabupaten  Muaro Jambi Provinsi Jambi yang didukungoleh  Program CSR PT. PELINDO II Jambi.  Selain itu kepada peserta pelatihan telahdiberikan bantuan sarana produksi berupa alat dan mesin pembuatan Cake danCookies. Untuk memanfaatkan dan mengoperasional bantuan sarana produksi  di atas perlu ada peningkatan kompetensilanjutan berupa kemampuan untuk pembuatan kemasan dan pemasaran produk yangefektif dan efisien,  dikaitkandengan  era adaptasi kebiasaan baru pascapandemic covid-19 dengan less Contact Economy. Oleh karena itu kompetensi mengenai desain kemasan, teknik pemotretan produk,dan teknik pemanfaatan media digital untuk promosi dan pemasaran produk di eraadaptasi kebiasaan baru sangat diperlukan.     Tujuan dilakukannya kegiatan  Pengabdian Masyarakat  adalah  memperoleh desain kemasan produk yang menarik dan sesuaidengan selera konsumen, memperoleh foto-foto Produk yang sesuai denganpersyaratan untuk di Upload pada media  digital dan Produk-produk Cake dan Cookiesdapat dipromosikan dan dipasarkan melalui media digital untuk mendukungpemulihan ekonomi dengan tetap menjalankan protocol kesehatan. Metode  pendekatan yang digunakan yaitu Pendekatanindividual, Pendekatankolektif/kelompok dan pendekatan instansional. Pendekatan metode  pembelajaran  menggunakan pendekatan orang dewasa “andragogy” dan “participatory”.  Permasalahan yang perlu diprioritaskan untuk  ditangani yaitu masalah peningkatan kompetensi SDM parapelaku usaha cake dan Cookies dalam bidang desain kemasan produk, Teknikpemotretan produk dan teknik pemanfaatan media digital untuk promosi danpemasaran produk. Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk memecahkanpermasalahan yang dihadapi para pelaku usaha cake dan Cookies tersebut yaitu diagnosamasalah dan analisis kebutuhan, perancangan teknologi/desain, simulasi dan uji coba, pelatihanSDM  dan  Implementasi terapan Teknologi/desain  serta  Pendampingan usaha.  Pelaksanaanpengabdian pada Masyarakat akan dilaksanakan selama 8 bulan, lokasi kegiatan diKecamatan  Taman Raja Kabupaten  Muaro Jambi Provinsi Jambi.   Hasil kegiatanmenunjuikan bahwa  kapasitas dan kompetensi para pelaku usaha Cake danCookies untuk membuat desain kemasaan, teknik pemotretan produk dan teknikmemanfaatkan media digital untuk promosi dan pemasaran produk telah ada peningkatan.  Diperolehnya desain kemasan produkyang menarik dan sesuai dengan selera konsumen . Diperoleh foto-foto produkyang sesuai dengan persyaratan untuk di Upload pada media  digital dan Produk-produk Cake dan Cookies telahdipromosikan dan dipasarkan melalui media digital untuk mendukung pemulihanekonomi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.



Capaian

Karya Tulis



Testimoni Masyarakat

1. Mendapatkan Pengetahuan mengenai Desain Kemasan 2. Mendapatkan Pengetahuan mengenai Foto Produk 3. Mendapatkan Pengetahuan mengenai promosi dan pemanfaatan media digital