Nama Peneliti (Ketua Tim)

I Wayan Sengara



Ringkasan Kegiatan

Pada konstruksi jembatan, pekerjaan pondasi merupakan salah satu pekerjaan yang utama. Dalam satu pekerjaan konstruksi,analisis dan desain pondasi dapat dilakukan dengan kombinasi metode dan pengujian, sehingga didapatkanprediksi daya dukung pondasi sebaik mungkin. Namun, kapasitas pondasi selalumemiliki berbagai ketidakpastian yang perludiperhatikan. Umumnya, ketidakpastian analisis dan desain pondasi telah ditangani berdasarkanpengalaman dan pertimbangan oleh para ahli. Namun dengan metode reliabilitas,ketidakpastian analisis dan desain pondasi menjadi lebih kuantitatif. Penelitian inidilakukan untuk menentukan reliabilitas pondasi Kereta Cepat Jakarta-Bandungyang dibagi menjadiempat zona, yaitu zona lowland (Jakarta), zonahigh land(Bandung) dan zona clay-shale dan non clay-shale. Hasil uji beban statis danmetode dinamis dibandingkan dengandata-data hasil soilinvestigation menggunakanbantuan program SHAFT. Statistik keseluruhan data (rata-rata, standar deviasi dan koefisien variasi)dijadikan sebagai informasi kajian reliabilitas. Hasil akhir dari penelitian ini adalahmengetahui ketidakpastian desain pondasi dan mendapatkan nilai reliabilitaspada pondasi tiang bor.



Capaian

Publisitas



Testimoni Masyarakat