Fadhil Hidayat
Covid 19 telah mendera seluruh dunia termasuk Indonesia. Dilaporkan sudah menyebar ke 213 negara dan sudah menjangkiti lebih dari 111 juta orang dengan kematian sebanyak 2,45 juta orang. Sementara di Indonesia pada saat yang sama mencatat lebih dari 1,26 juta kasus dan 34.000 jumlah kematian dengan (CFR 2.7%). Hal ini berdampak ke beberapa sektor, menurut data (BPS, 2020) di kuartal IV tahun 2020, Indonesia masih mengalami resesi dengan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional mencatat sebesar -2,9%. Hanya sektor pertanian yang menunjukkan pertumbuhan positif dengan nilai sebesar 2,15% dan sektor lainya masih menunjukkan pertumbuhan negatif. Untuk itulah sektor lainnya seperti peradangan dan konsumsi rumah tangga harus segera dipulihkan mengingat penopang perekonomian Indonesia terletak di sektor UMKM. Pertukaran uang yang beredar di masyarakat di sektor ini yaitu sebesar 97% terhadap perekonomian Indonesia dan pasar merupakan salah satu jantung dari Pusat UMKM yang ada di masyarakat karena menopang beberapa lini. Pasar harus mengalami transformasi untuk menjawab permasalahan mengapa orang cenderung enggan untuk membeli barang rumah tangga di Pasar. Oleh karena itu kegiatan PM ini adalah salah satu solusi bagaimana pasar bertransformasi dan kokoh terhadap kondisi apa pun bahkan di situasi pandemi seperti sekarang. PM ini adalah bentuk pengabdian masyarakat dengan tujuan membantu ekosistem UMKM dalam pembangunan sistem pasar cerdas untuk memastikan wilayahnya menggunakan protokol kesehatan secara baik dan taat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman mengunjungi pasar. Produk Viana dapat diaplikasi untukstudi kasus lainnya di skala yang lebih besar seperti supermarket atau klusterUMKM lain untuk memastikan kondisi di wilayahnya aman dan nyaman. Pengembanganke depan produk ini dapat dikembangkan untuk keperluan lain seperti mendeteksitingkat demografi pengunjung, tingkat kebahagiaan, posisi mana yang palingramai, item mana yang sering dilihat, dan aspek aspek-aspek lainnya yang dapat meningkatkanperformansi dari iklan dan penjualan menggunakan inputberupa video melalui CCTV yang sudah dipasang.
Publisitas
VIANA merupakan platform monitoring cerdas (hak cipta telah terdaftar milik PIKKC ITB) untuk melakukan crowd understanding dan dapat diaplikasikan untuk memastikan kondisi pasar aman dan nyaman yang berbasis kecerdasan buatan. Viana digunakan untuk memantau kondisi normal dan kondisi abnormal seperti adanya pelanggaran protokol Covid 19 meliputi tidak memakai masker, tidak menjaga jarak, dan adanya kerumunan. Sistem ini bermanfaat untuk mengukur tingkat keamanan dan kenyamanan suatu lokasi/area publik.