Perhitungan Data Demografi Melalui Klasifikasi Gender Berbasis Pengenalan Wajah
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Rinaldi Munir



Ringkasan Kegiatan

Perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia terkait aspek keamanan dan kenyamanan mendorong terpasangnya kamera pengawas pada area tertentu seperti pada anjungan tunai mandiri, display iklan, pintu masuk area perkantoran, pusat perbelanjaan, perumahan dan lokasi yang membutuhkan pengawasan khusus. Data demografi menjadi salah satu data yang dibutuhkan untuk melakukan analisa bisnis khususnya pada area pusat perbelanjaan dan display iklan interaktif. Informasi mengenai data demografi khususnya gender dapat diperolah secara otomatis melalui pengolahan data video kamera pengawas. Beberapa ciri dari soft-biometric yang umum digunakan dapat diekstrak dari manusia dimana Sebagian ciri tersebut merupakan ciri yang terdapat pada wajah manusia (Dantcheva, dkk., 2011). Tahapan awal penelitian menggunakan data gambar wajah dari data-set yang umum digunakan dan data demografi yang diekstrak adalah gender. Tujuan penelitian ini adalah sebagai tahap awal pengembangan sebuah program yang dapat melakukan perhitungan data demografi dengan masukan berupa video dari kamera pengawas. Dalam tahap awal masukan program dibatasi berupa gambar wajah dari data-set yang umum digunakan dengan luaran berupa gender. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini antara lain: 1) pendeteksian wajah mengadopsi Teknik Viola dan Jones, 2011, 2) ektraksi ciri menerapkan Pyramid multi-level features Bekhouche, dkk., 2017, 3) klasifikasi gender menggunakan K-Nearest Neighbour dan/atau Support Vector Machine.



Capaian

Prototipe program klasifikasi gender berbasis pengenalan wajah (skala MATLAB) dan publikasi pada prosiding konferensi internasional.



Testimoni Masyarakat

Cara mengekstrak data demografi melalui pengolahan data video kamera pengawas. Data demografi yang diperoleh dapat digunakan untuk kebutuhan analisa bisnis, misalkan pada display iklan interaktif dimana tayangan yang ditampilkan akan disesuaikan dengan data demografi orang yang melihat display iklan.