Perancangan Sistem Massive Open Online Courses Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemasaran Digital Umkm Sukabumi Menuju Sukabumi Go Digital
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Aldila Rizkiana



Ringkasan Kegiatan

Pada pengabdian masyarkat 2023 dilakukan penyempurnaan kegiatan pelatihan dengan mengusulkan perancangan sistem Massive Open Online Courses berbasis gamifikasi dengan harapan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dapat lebih berkelanjutan serta dapat memberikan dampak yang lebih luas kepada UMKM karenadapat diakses secara bebas oleh UMKM tanpa dibatasi oleh lokasi dan waktu.Perancangan MOOC dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan survei terhadap UMKM Kota Sukabumi untuk mengetahui rancangan seperti apa yang diharapkan. Terdapat 51 pelaku UMKM Kota Sukabumi yang mengikuti survei, , sebanyak 94,1% (48 orang) merupakan pemilik dan pengelola usaha, sedangkan 5,9% (3 orang) merupakan pemilik usaha serta tidak ikut mengelola usahanya. Lalu berdasarkan survei awal tersebut dilakukan wawancara untuk mengetahui persona dari UMKM Kota Sukabumi. output yang peroleh melalui kegiatan yang dilaksanakan adalah situs pembelajaran daring MOOC pemasaran digital yang dapat diakses secara gratis pada alamat www.umkmbermain.citraleka.id dan Hak Cipta dengan judul ciptaan Pelatihan Pemasaran Daring UMKM Menggunakan Massive Open Online Courses (MOOC) Berbasis Gamifikasi nomor EC002023115394)



Capaian

Terwujudnya sistem Massive Open Online Courses berbasis Gamifikasi yang dapat diakses oleh UMKM secara bebas.; Pelaku UMKM memiliki akun digital e-commerce dan mampu mengelola akun tersebut dalam transaksi



Testimoni Masyarakat

Dapat terwujudnya situs MOOC untuk pelatihan pemasaran digital yasng dapat diakses secara bebas dan gratis sehingga memudahkan UMKM untuk meningkatkan kompetensinya di bidang pemsaran digital