Perancangan Perbaikan Kualitas
Jasa Layanan Transportasi Umum
Moda Raya Terpadu
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Mohammad Mi'radj Isnaini



Ringkasan Kegiatan

Usulan mekanisme ini terdiri dari enam langkah yang sistematis dalam menurunkan solusi perbaikan terhadap suatu pemenuhan atribut kualitas. Pada langkah pertama, dimensi dan atribut kualitas yang diperlukan diidentifikasi berdasarkan model dasar transportasi MRT. Langkah kedua yang dilakukan adalah merancang dan menguji kuesioner, serta melakukan pengambilan sampel. Langkah ketiga adalah menentukan bobot kepentingan dan penilaian terhadap atribut kualitas berdasarkan data primer sampel dan sekunder. Hasil pada langkah ketiga dapat menentukan atribut kualitas ke dalam empat kuadran yang disusun berdasarkan dimensi utility value (nilai kepuasan) dan importance (kepentingan) dari setiap atribut. Langkah keempat adalah mengindentifikasi gap pada setiap technical response dari suatu atribut kualitas. Gap ini digunakan untuk menentukan fungsi technical response mana yang belum mencapai target sehingga memerlukan perancangan solusi yang berkesesuaian. Langkah kelima adalah membangkitkan solusi untuk setiap technical response terpilih berdasarkan metode SCAMPER (Subtitute, Combine, Adapt/Adjust/Add, Modify/Magnify, Put to Another Use, Eliminate, Reverse/Rearrange). Kelima langkah usulan mampu menurunkan solusi secara sistematis menurunkan solusi yang selanjutnya dapat dilakukan implementasi yang sesuai. Berdasarkan model dasar transportasi MRT didapatkan 8 atribut yang diprioritaskan untuk diperbaiki yang selanjutnya diidentifikasi menggunakan House of Quality (HOQ). Usulan rancangan perbaikan didapatkan dengan mengidentifikasi 52 atribut teknis yang diambil dari standar kualitas layanan MRT Jakarta yang memiliki gap. Hasil elaborasi SCAMPER menghasilkan 10 konsep solusi yang selanjutnya dapat diimplementasikan sesuai dengan kondisi yang ada.



Capaian

Penerapan Karya Tulis



Testimoni Masyarakat

Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta adalah transportasi umum yang telah dibuat pemerintah DKI Jakarta untuk mendukung penurunan tingkat kemacetan di DKI Jakarta. Dalam menjaga kualitas layanan, MRT Jakarta mengalami kendala-kendala yang terangkum pada dokumen prosedur perbaikan kualitas MRT Jakarta. Penelitian ini mengusulkan suatu mekanisme dalam merancang perbaikan kualitas layanan MRT Jakarta yang mempertimbangkan standar layanan serta keluhan dan saran penumpang.