Hendarko
Proyek Glider nasional GL-1 yang telah dimulai sejak tahun 2014 bertujuan untuk merancang dan membuat sebuah glider pertama buatan dalam negeri. Glider GL-1 merupakan pesawat laying single-seat medium performance yang strukturnya terbuat dari bahan komposit. Pesawat ini memiliki fungsi sebagai pesawat olahraga dan kompetisi terbang layang, serta dapat dikembangkan sebagai pesawat eksperimental untuk penelitian-penelitian di berbagai bidang, khususnya bidang dirgantara (aerodinamika, struktur, mekanika terbang) dan meteorologi, bahkan dapat juga dikembangkan untuk keperluan pengintaian (surveillance). Pesawat Glider GL-1 telah dibuat pesawat purwarupa skala 1:2 nya, serta telah dua kali dilakukan uji terbang terhadap pesawat purwarupa tersebut pada tahun lalu. Saat ini sedang dilakukan proses perancangan detail untuk pembuatan purwarupa skala penuh Glider GL-1. Sebagai bagian dari proses tersebut, sistem kendali pesawat Glider GL-1 perlu dirancang dan dibuat sehingga pesawat tersebut dapat memenuhi Design Requirements and Objectives (DRO_, khususnya dalam aspek handling qualities. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat iron bird, sebuah model kerja dari sistem kendali pesawat Glider GL-1. Selain itu juga untuk mengimplementasikan desain peralatan sistem kendali pada purwarupa skala penuh pesawat glider nasional GL-1. Sistem kendali mekanikal penuh dipilih sebagai mode sistem kendali pesawat ini, untuk matra gerak longitudinal kinematika dari tongkat kendali menuju bidang kendali elevator dihubungkan oleh push-pull rod dan crank, dan untuk matra gerak direksional kinematika dari pedal menuju bidang kendali rudder dihubungkan oleh kabel baja.
Penerapan Karya Tulis
Sistem kendali pesawat Glider GL-1 perlu dirancang dan dibuat sehingga pesawat dapat memenuhi Design Requirements and Objectives (DRO), khususnya dalam aspek handling qualities.