Perancangan Model Pengembangan Kemampuan Membaca Kritis Dosen Muda Bidang Seni dan Desain di Indonesia
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Acep Iwan Saidi



Ringkasan Kegiatan

Projek Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dimotivasi oleh kepedulian terhadap pentingnya upaya meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar dalam bidang seni dan desain di lingkungan perguruan tinggi. Persoalan terpenting yang ditemukan adalah kurangnya kemampuan para pengajar, dalam hal ini khususnya dosen muda dalam melakukan penelitian sekaligus menuliskan laporan hasilnya. Melalui program PKM ini kemudian disusun sebuah buku—sebagai luaran—yang diproyeksikan untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan para dosen seni dan desain dalam bidang penelitian sekaligus tentang Teknik penulisan hasilnya. Agar dapat dipahami dengan mudah, buku ini dikemas secara popular dalam bahasa yang mudah dipahami. Program ini dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, kajian empiric dan teoretik yang terdiri atas identifikasi masalah, studi literatur, dan focus grup diskusi. Kedua, aplikasi konsep yang telah dirumuskan melalui ptraktik dan simulasi di lapangan. Ketiuga, tahap penulisan buku sekaligus penerbitannya. Keempat tahap sosialisasi hasil. Diskusi dan Kesimpulan. 1. Seni dan desain berkembang dan berintegrasi ke dalam berbagai bidang kehidupan yang semakin hari semakin kompleks; 2. Rutinitas pekerjaan (mengajar) yang menjadi kewajiban dosen, dalam beberapa hal telah menjadikan dosen kurang peka terhadap perkembangan tersebut sehingga sering upaya untuk meningkatkan karier dan reputasi terabaikan. Daya kritis dosen terhadap berbagai persoalan sosial yang berhubungan dengan keilmuannya juga menjadi berkurang. 3. Pentingnya peningkatan terus-menerus kemampuan meneliti dan menuliskan hasilnya dalam bahasa ilmiah sekaligus bahasa yang mudah dipahami publik; 4. Penerbitan buku yang berkaitan dengan hal tersebut, yang bisa menjadi panduan praktis yang mdah dipahami, menjadi sangat penting dan mendesak.



Capaian

Penerapan Karya Tulis



Testimoni Masyarakat

Kurangnya kemampuan para pengajar, dalam hal ini khususnya dosen muda dalam melakukan penelitian sekaligus menuliskan laporan hasilnya.