Perancangan Konsep Kelembagaan dan Instrumen Asesmen Sertifikasi Profesi bagi Pekerja Kreatif Visual Periklanan Indonesia dalam Rangka Persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Agung Eko Budiwaspada



Ringkasan Kegiatan

Era globalisasi menciptakan narasi yang bagus tentang stereotip ide-ide iklan kreatif yang pada gilirannya menciptakan sub-narasi tentang lokalitas. Periklanan adalah karya kolektif dari berbagai keterampilan individu yang tergabung dalam sebuah agensi yang dibungkus oleh budaya perusahaan. Tujuan penelitian tentang nilai lokalitas sebagai cerminan dari nilai-nilai inti budaya perusahaan seperti, memahami kualitas ide-ide kreatif pesan iklan oleh biro iklan lokal sebagai modalitas persaingan di era globalisasi Metodologi untuk mencapai tujuan penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis semiotik dan analisis isi. Analisis semiotika adalah penafsiran makna melalui pembacaan tanda. Nilai-nilai inti budaya perusahaan Petakumpet tergambar dari visi mereka: “menikmati hidup yang hebat dengan terus menciptakan ide-ide hebat setiap hari”. Visi tersebut diaktualisasikan dalam slogan “Bagus saja tidak cukup”. Baik visi maupun slogan yang kemudian selalu menjadi ruh dalam proses mendesain iklan. karakteristik iklan dari karya Petakumpet yaitu berkualitas, kreatif, dan mengedepankan kearifan lokal. Kualitas iklan tercermin dari kekuatan ide dan aspek keterampilan tinggi yang mengeksekusi unsur visual dan verbal. Kata Kunci : Ide Iklan, Kreativ Visual, Perusahaan Petakumpet, Nilai Budaya.



Capaian

Penerapa Karya Seni/Desain/Arsitektur/Perencanaan Wilayah



Testimoni Masyarakat

-