Penyusunan Alat Bantu Ajar (Teaching Toolkit) Anak TK dan SD Mengenai Sistem Wayfinding dan Signage di Stasiun Kereta
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Widyarini Weningtyas



Ringkasan Kegiatan

Moda transportasi perkeretaapian di Indonesia pada dasarnya ditujukan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat dan merupakan urat nadi dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Berbagai moda transportasi basis rel yang ada di Indonesia seperti Kereta Api Indonesia (KAI), Mass Rapid Transit (MRT), Light Rapid Transit (LRT), Commuter Line (KRL), dan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) diupayakan untuk dikembangkan bahkan diintegrasikan dengan moda lain seperti moda transportasi udara, darat, dan juga laut. National Railway Master Plan atau Rencana Induk Perkeretaapian Nasional 2030 oleh Kemenhub menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mengakselerasi inovasi moda basis rel di Indonesia. Adapun rencana induk ini mencakup pembangunan di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, serta Jawa dan Bali. Perkembangan dan pembangunan moda transportasi berbasis rel saat ini berlangsung sangat cepat dan masif. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah masyarakat dapat mengikuti perkembangan tersebut terlebih lagi generasi berikutnya yakni anak kecil dan anak sekolah. Tak jarang kita sebagai orang dewasa kebingungan bagaimana cara bernavigasi di stasiun kereta baik itu stasiun Kereta KAI, MRT, LRT. Pesatnya perkembangan teknologi dan juga semakin ruwetnya jalur jaringan kereta dan juga jumlah stasiun yang jumlah akan bertambah sangat banyak sering kali membuat pengguna kereta apalagi pengguna baru kebingungan dan mungkin tersesat. Sistem navigasi di stasiun kereta harus didukung oleh sistem wayfinding dan signage yang baik, informatif, benar dan terintegrasi. Sistem wayfinding dan signage yang ada masih memerlukan perbaikan dan integrasi antara satu moda dengan moda lainnya. Dalam kurun waktu 5-10 tahun mendatang anak kecil dan anak sekolah akan menjadi pengguna layanan kereta. Oleh karena sangatlah penting untuk mengajarkan ke mereka bagaimana cara bernavigasi baik dan benar di stasiun kereta.



Capaian

Pembuatan Alat Bantu Ajar Literasi Kereta



Testimoni Masyarakat

anak-anak usia dini di Indonesia dapat mempelajari edukasi mengenai kereta dan stasiun