Penyuluhan dan Pendampingan Guru untuk Merancang dan Melaksanakan Math Camp
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Saladin Uttunggadewa



Ringkasan Kegiatan

Saat ini prestasi belajar siswa Indonesia pada mata pelajaran matematika sangat rendah. penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa Indonesia secara umum dibanding siswa negara lain adalah pendekatan pengajaran kurang memberikan motivasi belajar dan memandang pelajaran tidak menyenangkan bagi siswa. Tujuan dari pengabdian ini memdiseminasikan konsep dan managemen Math Camp untuk memperluar wawasan, mengembangkan kreativitas, mengenalkan pendekatan eksploratif, menumbuhkan kemampuan dalam penyelesaian masalah matematikan dan sains serta melatih kerjasama. Metode yang dilakukan melalui pendekatan eksploratif untuk meningatkan kemampuan penyelesaian masalah dalam aktifitas yang melibatkan pelajaran matematika. Hasil yang diperoleh yaitu, pengalaman melaksanakan Math Camp yang dirasakan langsung oleh guru dan siswanya. Guru Matematika dapat merancang dan melaksanakan kegiatan seperti ini untuk tujuan-tujuan khusus. Kata Kunci : Siswa-siswi, Pandangan tidak Menyenangkan, Math Camp.



Capaian

Pelaksanaan Kegiatan Kepedulian Sosial berupa pendidikan/penyuluhan/pendampingan



Testimoni Masyarakat

Para guru membutuhkan pendampingan serius dalam merancang materi untuk Math Camp. Salah satu masalah yang dihadapi para guru adalah tidak adanya waktu untuk rehat sejenak dari tugas mengajar agar mereka bisa mengembangkan diri dan fokus merancang materi.