Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran Dan Pengajaran Melalui Implementasi Personal Knowledge Management Bagi Guru-Guru SMA Di Wilayah Kota Bandung
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Hary Febriansyah



Ringkasan Kegiatan

Perlu keahlian khusus bagi individu - dalam hal ini adalah Guru - untuk dapat mengelola informasi dan pengetahuan sesuai dengan konteks kebutuhannya yang relevan dalam menyampaikan mata pelajaran, dan di dalamnya pastilah terjadi transformasi pengetahuan yang meliputi sosialisasi, eksternalisasi, internalisasi, dan kombinasi (SECI). dibutuhkan sebuah kemampuan untuk mengelola pengetahuan (managing knowledge) di tingkat personal, atau disebut juga sebagai personal knowledge management. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk guru-guru SMA yang berada di kota Bandung. Secara garis besar topik yang disampaikan mengenai penerapan personal knowledge management (PKM) untuk mengembangkan metode pencarian bahan pelajaran bagi para guru di SMA tersebut. Tujuan dari pengabdian ini adalah Memberikan kegiatan workshop proses pengajaran dan pembelajaran bagi guru-guru SMA di wilayah Kota Bandung dan menghasilkan modul pelatihan workshop, dan dalam pelaksanaannya tujuan tersebut dapat tercapai.



Capaian

Pelaksanaan Kegiatan Kepedulian Sosial berupa pendidikan/penyuluhan/pendampingan



Testimoni Masyarakat

Permasalahan utama yang dihadapi oleh tim pelaksana adalah menyesuaikan waktu yang tepat dengan para guru-guru yang bersamaan dengan persiapan dan pelaksanaan Ujian Nasional atau Penerimaan Siswa Baru dan ternyata masih ada mentalitas guru-guru yang kurang percaya diri ketika akan didatangi oleh ITB dalam implementasi kegiatan PM ini.