I Dewa Gede Agung Junnaedhi GMT
Pada saat musim hujan beberapa sungai di wilayah Cekungan Bandung meluap dan menggenangi beberapa kecamatan baik di Kota Bandung maupun Kota dan Kabupaten sekitarnya. Pada kegiatan tahun 2017 ini akan dilakukan penambahan titik observasi pemukaan dengan menempatkan beberapa AWS di beberapa wilayah Cekungan Bandung, baik Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kota Cimahi. Hal ini dilakukan untuk meningkatan sistem monitoring cuaca dalam system peringatan dini banjir tidak hanya di wilayah Majalaya saja, tetapi di seluruh wilayah Cekungan Bandung. Kegiatan ini akan melibatkan beberapa pihak, diantaranya masyarakat sendiri dan pemerintah daerah, dalam hal ini pihak BPLHD Jawa Barat akan bekerjasama dalam hal penyediaan AWS (Automatic Weather System) dan pengembangan sistem peringatan dini banjir. Kegiatan Pengabdian Masyarakat tahun 2017 ini diawali dengan perancangan dan perakitan AWS. menggunakan Arduino sebagai basis kontrolnya (Gambar 5.1). Rancangan AWS ini pada dasarnya merupakan pengembangan dari rancangan sebelumnya yang digunakan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) tahun 2015 dan 2016. Pada PM 2017 ini, unit kontroler dirombak dan disusun ulang menggunakan perforated PCB (Printed Circuit Board). Kata Kunci: Banjir, Monitoring Cuaca, Automatic Weather System
Penerapan Teknologi Tepat Guna
Permasalahan pertama dalam kegiatan ini adalah perawatan atau perbaikan AWS. AWS yang telah terpasang seringkali mengalami gangguan sehingga tidak berfungsi normal. Perawatan dan perbaikan AWS membutuhkan sumber daya manusia, materi dan waktu yang tidak sedikit, sehingga agak sulit dilakukan. Selain itu tidak ada alokasi dana khusus untuk keperluan ini, sehingga perawatan atau perbaikan dilakukan bersamaan dengan kegiatan pemasangan AWS terdekat. Permasalahan kedua yang juga menjadi kendala adalah masa aktif kartu GSM dan paket SMS yang terbatas waktu. Hal ini mengharuskan dilakukannya pengisian ulang pulsa dan registrasi paket tiap bulan untuk tiap AWS. Meskipun AWS telah diprogram untuk dikendalikan jarak jauh, namun jika pengisian pulsa terlewat atau AWS sempat tidak berfungsi dalam waktu lama, maka aktivasi harus dilakukan secara manual dengan memindahkan kartu ke perangkat handphone. Hal ini sangat menyulitkan terutama jika posisi AWS cukup jauh dari ITB. Solusi permasalahan pertama adalah dengan merancang ulang AWS agar lebih modular dan lebih mudah diperbaiki oleh mitra lokal. Hal ini tentu saja harus dibarengi dengan pembekalan atau pelatihan perbaikan AWS. Diperlukan juga alokasi dana khusus untuk kegiatan perawatan dan perbaikan AWS yang sudah terpasang, sehingga perbaikan bisa dilakukan kapan saja. Sedangkan untuk masalah kedua, solusinya adalah dengan mengajukan proposal ke provider seluler tertentu untuk memperoleh SIM card khusus yang memiliki masa aktif sangat lama atau bahkan paket SMS gratis. Solusi lainnya adalah dengan mengganti sistem komunikasi SMS menggunakan sistem komunikasi lain yang tidak memerlukan pulsa atau registrasi paket, misalnya long range wifi.