Dr. Devi N. Choesin
Pengetahuan dan wawasan tentang lingkungan hidup dan permasalahannya sudah menjadi bagian dari kurikulum, antara lain diberikan sebagai topik dalam pelajaran Biologi (Ekologi). Namun wawasan tentang lingkungan hidup dan permasalahannya dalam pengajaran yang diberikan di kelas masih kurang efektif untuk menyadarkan siswa tentang permasalahan yang ada. Oleh karena itu, dilakukan suatu kegiatan berupa lokakarya (workshop) dua hari yang ditujukan kepada para pengajar bidang yang terkait lingkungan pada tingkat SMA. Workshop terdiri dari penguatan konsep teoritis pada hari pertama, dan pelatihan kegiatan-kegiatan sadar lingkungan yang akan dapat dipraktekkan bersama siswa di sekolah. Pelatihan ini ditujukan untuk SMA di Kota Padang dan sekitarnya dimana merupakan salah satu rangkaian kegiatan kerja sama dengan Universitas Andalas, Padang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk (1) meningkatkan pemahaman tentang konsep-konsep lingkungan (ekologi); dan (2) memberikan contoh-contoh kegiatan yang dapat dipraktekkan dan dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian lingkungan di antara siswa. Metodologi pelatihan dilakukan secara terstruktur berupa pemberian materi di kelas dan praktek kegiatan sadar lingkungan yang diberikan oleh narasumber dari KK Ekologi SITH ITB.
Peningkatan pengetahuan pengajar SMP/SMA dan peningkatan kesadaran akan lingkungan hidup dan permasalahannya Modul pelatihan berisi aspek teoritis/konseptual yang mendasari pengetahuan lingkungan, dan panduan kegiatan.
Pengetahuan dan wawasan tentang lingkungan hidup dan permasalahannya dalam pengajaran yang diberikan di kelas masih kurang efektif untuk menyadarkan siswa tentang permasalahan yang ada. Hal ini antara lain disebabkan wawasan dan dasar teori yang kurang dikuasai oleh pengajar, atau kesalahan konsep dalam sumber-sumber acuan. Siswa juga kurang mendapat kesempatan melakukan praktek kegiatan yang dapat menunjang pemahaman dan kepedualiannya terhadap masalah lingkungan.