Pengenalan Metoda Pemecahan Masalah Secara Algoritmik Untuk Pelajar Sekolah
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Atina Putri



Ringkasan Kegiatan

Eradigitalisasi yang terus berjalan sejak umumnya penggunaan komputer untukmembantu pekerjaan manusia sejak tahun 80an dan diperkuat dengan penggunaaninternet di indonesia sejak tahun 2000an menunjukkan tingginya kebutuhan akanpenggunaan teknologi informasi dalam segala aspek kehidupan sehari-hari.Kebutuhan akan talenta digital terus meningkat ditandai dengan banyaknya jumlahlowongan pekerjaan di bidang teknologi informasi dan pekerjaan di berbagaibidang lainnya mulai dari perbankan hingga bimbingan belajar untuk posisi programmerataupun IT Specialist. Selain melalui program pendidikan sarjana,talenta digital banyak dipupuk melalui program vokasi, terutama pada tingkatsekolah menengah melalui Sekolah Menengah Kejuruan peminatan Teknik Komputerdan Jaringan. Untuk melakukan pemerataan akses pelatihan konsep dasar programmingyang umumnya hanya dapat dijangkau oleh siswa dari kalangan ekonomi menengah keatas di kota besar, kami menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Pengenalan MetodaPemecahan Masalah Secara Algoritmik Untuk Pelajar Sekolah” sebagai bagian dalamrangkaian Pengabdian Masyarakat P2MI STEI. Kegiatan ini diharapkan dapatmenumbuh kembangkan minat dan memperdalam pemahaman pemecahan masalah dalammempelajari programming pada para pelajar terutama pelajar SMK TKJ. Agarmenarik minat para pelajar, pelatihan dilakukan dengan platform edukatifterstandar Scratch yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technologykhusus untuk program K-12. Kurikulum pelatihan mengikuti standar untuk siswa post-secondarysesuai dengan target pelatihan siswa SMK dan dapat juga diikuti oleh siswa SMP.



Capaian

Publisitas



Testimoni Masyarakat

- Memberikan pemahaman siswa bahwa melakukan programming pada dasarnya adalah pemecahan masalah yang dapat dilakukan tahap demi tahap yang pada setiap tahapannya dapat ditugaskan pada komputer melalui perintah-perintah tertentu yang spesifik dan tepat sasaran.