Alvanov Zpalanzani
Pengenalan Agama Islam adalah salah satu materi yang diajarkan di sekolah dasar yang mendasarkan agama Islam sebagai salah satu pondasinya. Pengenalan Agama khususnya Agama Islam yang diajarkan untuk siswa sekolah dasar menekankan pada aspek pengenalan khususnya kepada Allah SWT, AlQuran, Malaikat, Nabi dan Rasul, serta adab dalam Islam (Abidin dan Kusrini, 2021). Adapun dalam kurikulum pendidikan dasar berbasis program kurikulum merdeka, keleluasaan untuk mengembangkan program pembelajaran menjadi salah satu tanggung jawab pelaksana aktivitas pembelajaran, khususnya guru. Akan tetapi hal ini memunculkan kendala baru bagi penyelenggara unit pendidikan dasar, terutama para pengajar atau guru yang belum mengembangkan kemampuannya dalam merancang program dan sarana pengajaran. Oleh karena itu, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB khususnya program Studi Desain Komunikasi Visual ITB dengan salah satu program jangka panjangnya adalah meningkatkan kontribusi institusi kepada masyarakat khususnya di bidang edukasi berupa pengolahan konten serta media peraga edukasi interaktif. Media yang dikembangkan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh komunitas guru dan Sekolah Dasar berupa pengetahuan dan pemahaman tematis untuk anak usia sekolah dasar berbasis kurikulum 2013 dan 2021. Program Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif PAI untuk Siswa Sekolah Dasar ini direncanakan berkolaborasi dengan mitra Sekolah Alam Depok dan diperluas melalui Jaringan SD Alam Nusantara, komunitas yang menaungi sekolah dasar Alam di seluruh Indonesia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menerapkan metode ko-kreasi, dengan pendekatan kolaboratif secara individu maupun kelompok untuk memproduksi bahan ajar tematis Interaktif dengan topik tematis Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan bagian dari program Green Education Jaringan Sekolah Alam Nusantara.
Prototype Boardgame Edukasi Agama Islam; Publikasi Ilmiah & Diseminasi; HaKI Boardgame Edukasi Agama Islam
Bagi KK: Pengejawantahan Teori & Metode Perancangan dari mata kuliah Permainan Papan Bagi Fakultas: Menjadi salah satu luaran produk yang berpotensi/bernilai HaKI dan Publikasi ilmiah Bagi Institusi: Dapat menjadi konten yang dikembangkan secara komersial dalam naungan LPIK (HaKI & Produk Industri) Bagi Mitra: Tersedianya Media Pembelajaran Interaktif Edukasi Agama Islam untuk lembaga pendidikan yang dinaunginya (Sekolah Alam Depok) dan produk yang dikembangkan untuk diterbitkan oleh tenant LPIK ITB (Vistalab Mediakreasi) Bagi Indonesia: Tersedianya Media Pembelajaran Interaktif Edukasi Agama Islam untuk lembaga pendidikan yang bersinergi dalam komunitas Jaringan Sekolah Alam Nasional (JSAN) Bagi Dunia: Berpeluang menjadi media pendidikan interaktif Agama Islam untuk Anak yang dialihbahasakan (lisensi)