Pengembangan Sistem Informasi Layanan Konsultasi (Klinik) Konstruksi ”Center for Infrastructure and Built Environment-CIBE”
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Budi Hasiholan



Ringkasan Kegiatan

Sektor Konstruksi merupakan salah satu sektor perekonomian yang sangat penting bagi pertumbuhan negara Indonesia. Oleh karenanya, pemerintah, dalam 5 tahun terakhir dan mendatang, melakukan percepatan pembangunan infrastruktur publik untuk menjadi enabler dalam berputarnya roda perekonomian untuk menuju peningkatan daya saing dan tentunya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Percepatan tersebut menjadi tantangan bagi Indonesia dan ITB sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia, merespond tantangan kebutuhan nasional dalam ekspansi yang sangat cepat dalam pembangunan infrastruktur melalui Center for Infrastructure and Built Environment (CIBE) dimana berkumpulnya berbagai kelompok kepakaran yang dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur. Pada Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyakarat (Edisi XII) yang diterbitkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kemenristekdikti, disebutkan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan. Namun penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sering kali terkendala oleh ketiadaan sarana komunikasi antara perguruan tinggi dengan masyarakat. Hal tersebut juga dialami oleh CIBE sebagai bagian dari ITB selaku perguruan tinggi, di masa percepatan pembangunan infrastruktur publik. Ketiadaan sarana komunikasi tersebut dapat berdampak pada tidak terselesaikannya dengan komprehensif permasalahan terkait konstruksi pada masyarakat dan tidak dapat teraplikasikannya serta berkembangnya IPTEK pada kumpulan kelompok kepakaran di CIBE. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi yang didedikasikan untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam berkonsultasi permasalahan konstruksi dengan kumpulan kelompok kepakaran yang tergabung dalam CIBE, ITB, dimana dibangun dengan analogi sistem informasi layanan klinik kesehatan yang melibatkan pasien dan dokter ataupun tenaga medik. Metodologi kegiatan ini mencakup: (1) Identifikasi Portal Layanan Konsultasi Online, (2) Benchmarking, (3) Identifikasi kebutuhan data dan struktur dari sistem informasi layanan konsultasi (Klinik) konstruksi; (4) Identifikasi kebutuhan data dari potensi struktur sistem atas sistem informasi; (5) Pengembangan Sistem Informasi, (6) Evaluasi dan peningkatan Sistem Informasi.



Capaian

Penerapan Teknologi Tepat Guna, Penerapan Karya Tulis



Testimoni Masyarakat

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sering kali terkendala oleh ketiadaan sarana komunikasi antara perguruan tinggi dengan masyarakat.