Pri Hermawan
Dengan mengacu pada kecenderungan perguruan tinggi di masa depan, serta Renstra ITB 2015-2020, maka tujuan riset ini akan fokus pada bidang kajian unggulan Teknologi Digital dalam sektor pariwisata di Jawa Barat. Kurangnya koordinasi dan sinergitas antara para pihak yang terlibat dalam pengembangan pariwisata di Jawa barat menyebabkan adanya ketidakselaraan dalam kegiatan promosi pariwisata di Jawa Barat. Hal ini dibuktikan dengan belum ada kegiatan promosi pariwisata yang terintegrasi untuk semua kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat. Kegiatan promosi saat ini masih dilakukan secara terpisah oleh masing-masing kota dan kabupaten di Jawa Barat. Hal inilah yang menyebabkan adanya ketidakmerataan perkembangan pariwisata di Jawa Barat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan kerja sama dari semua pihak dalam mengembangkan pariwisata di Jawa Barat melalui proses penciptaan nilai bersama (value co-creation). Guna mendukung terjadinya proses value co-creation, dibutuhkan sebuah paltform yang dapat dijadikan sarana interaksi dan komunikasi yang berkelanjutan antara turis, dinas pariwisata, dan juga pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam pengembangan pariwisata di Jawa Barat. tujuan penelitian yaitu membuat 1 buah prototype web yang diimplementasikan oleh dinas pariwisata propinsi Jawa Barat, dan melalui penelitian tersebut tercipta 1 buah draft prototype web pariwisata yang berlandaskan paradigma value co-creation. Prototype tersebut kemudian disosialisasikan kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat dan mendapatkan apresiasi yang baik.
Penerapan Teknologi Tepat Guna
Sejauh ini tidak ada permasalahan yang sangat mendesak dan riset mampu berjalansesuai dengan rencana awal.