Muhammad Miftahul Munir
Pembelajaran fisika seharusnya mengarah pada pembelajaran kontekstual siswa dapat memahami hubungan antar konsep fisika serta pengaplikasiannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di SMA, terutama pada pemahaman kontekstualnya maka perlu alat peraga. Alat peraga yang dimaksud adalah alat peraga yang dapat digunakan untuk pembelajaran sehingga memudahkan siswa memahami konsep maupun konteks. Saat ini, kebanyakan alat peraga hanya menghadirkan konsep tertentu (tidak komprehensif). Sehingga alat peraga yang komprehensif diperlukan agar siswa dapat mengkaitkan suatu konsep fisika dengan konsep fisika lain. Untuk itu, dipilih Viskometer Silinder Konsentrik sebagai media Pembelajaran Kontekstual. Viskometer ini menggunakan banyak konsep fisika sekaligus (gaya, gerak rotasi, listrik, ggl, induksi, magnet, fluida, termodinamika, dll). Pelaksanaan PM meliputi Survei dan konsolidasi dengan pihak sekolah terkait untuk penjadwalan pertemuan dan lain-lain. Selanjutnya dilakukan seminar kepada guru dan siswa terkait viskositas dan peranannya. Tujuan pengabdian ini adalah Membuat media/alat peraga Viskometer Silinder Konsentrik, dan Mengadakan seminar dan kegiatan demonstrasi eksperimen.
Penerapan Teknologi Tepat Guna
Alat peraga yang didemonstrasikan terdiri dari 3 set viskometer silinder konsentrik. Namun pada pelaksanaannya, siswa yang mengikuti demonstrasi lebih dari 300 siswa kelas 12. Dengan demikian, panitia pelaksana cukup sulit untuk mendemonstrasikan alat peraga tersebut. Saran untuk kegiatan sejenis yang akan dilakukan adalah perlu memperhatikan jumlah peserta dan lama waktu pelaksanaan. Sehingga bisa diperkirakan berapa jumlah alat peraga yang diperlukan.