Yassierli
.Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memegang peranan strategis sebagai penopang ekonomi nasional. Namun, berbagai UMKM ambruk dengan adanya pandemi dan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat. UMKM harus mampu memanfaatkan model baru pemasaran dengan masuk ke e-commerce, namun membutuhkan kompetensi khusus. Penelitian ini menerapkan model 70:20:10 dalam pembinaan UMKM. Model merupakan kombinasi kelas online (3 kali), diskusi di media sosial (3 minggu) dan pendampingan UMKM (2 visit). Kompetensi dipetakan dari proses bisnis dan suatu instrumen penilaian dikembangkan. Hasil asesmen menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi secara signifikan (p<0.01). Penelitian ini menunjukkan bahwa model 70:20:10 cukup efektif untuk meningkatkan kompetensi UMKM.
Jurnal Nasional, Laporan Akhir
.Memberikan pembekalan kepada 30 UMKM Kota Sukabumi. Model dan modul pelatihan dapat diterapkan di daerah lain