Warsoma Djohan
Inovasi dalam dunia pendidikan akan terus bermunculan dalam era Industry 4.0. Hal ini mudah dimengerti mengingat sekolah akan menghasilkan tenaga kerja baru untuk industri dan juga peneliti yang dapat menyesuaikan pada kecepatan perubahan di industri dan memiliki ilmu pendukung yang cukup untuk segera berubah dari status mahasiswa ke status profesional.
Mengingat kebutuhan ini diperkirakan akan terus berjalan, maka ini akan menjadi tantangan bagi sekolah untuk segera menyikapi urgensi penyediaan lulusan seperti yang diharapkan oleh Industry 4.0. Masalah ini dapat teratasi jika salah satu pilar di pendidikan matematika, yaitu pengajarnya selalu mengembangkan pengetahuan matematikanya dan memahami perkembangan di industri. Selain itu, sekolah-sekolah di Indonesia harus dapat memanfaatkan inovasi di bidang pendidikan agar proses pendidikannya dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Pengalaman dalam penerapan perangkat lunak dalam kelas yang telah dipunyai dan juga pengalaman dalam memberikan berbagai pelatihan dalam peningkatan kemampuan matematika dosen dan mahasiswa dari perguruan tinggi lain serta praktisi di industri menciptakan kesadaran untuk berbagi pengalaman dalam hal peningkatan literasi digital dan juga peningkatan kemampuan matematika kepada guru-guru dan siswa-siswa pada berbagai tingkat pendidikan. Perangkat lunak yang menjadi fokus pada kegiatan ini adalah GeoGebra, mengingat perangkat ini memiliki fitur yang banyak sehingga dapat diterapkan dalam sebagian besar materi matematika yang disampaikan sesuai dengan tingkatan sekolahnya.
Berdasarkan hal tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat yang kami usulkan memiliki tujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan Geogebra sebagai alat bantu ajar kepada guru-guru sekolah yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Setelah melaksanakan pelatihan secara langsung, kami juga berencana merekam sesi pelatihan ke dalam video dan menambahkan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ke dalam video tersebut sehingga materi pelatihan ini dapat diakses tidak terbatas waktu atau bahkan tempat.
Mengadakan kegiatan pengenalan Geogebra sebagai alat bantu mengajar materi matematika kepada guru-guru SMA
Pengenalan alat bantu visual untuk materi matematika SMA ini dapat memberikan nilai plus bahwa matematika tidak hanya tentang menghitung