Pemanfaatan e-Commerce Berbasis Sosial Media untuk Meningkatkan Daya Saing Pariwisata
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Ir. Darwin, MSc.



Ringkasan Kegiatan

Mengembangkan potensi pariwisata suatu daerah, salah satunya yaitu melakukan promosi/pemasaran destinasi wisata melalui e-commerce, terutama e-commerce berbasis media sosial. E-commerce didefinisikan sebagai aktivitas komersial yang berlangsung melalui internet dengan memanfaatkan teknologi digital. Saat ini E-Commerce sangat berkembang pesat dan mengubah pola bisnis. Pemanfaatan E-Commerce untuk pariwisata yaitu, memanfaatkan internet, meningkatkan destination awareness wisatawan. Media sosial digunakan untuk mempromosikan produk baik berupa barang atau jasa. Pengguna media sosial yang bersifat interaktif sebagai sarana promosi untuk memasarkan suatu destinasi wisata untuk meningkatkan daya saing pariwisata. Media sosial tidak hanya untuk wisatawan domestik namun menjangkau wisatawan mancanegara. Hal ini mengurangi biaya investasi pengembangan website. Konten pada media sosial memberikan manfaat tentang informasi mengenai jasa, pengalaman, harga dan lualitas layanan. Sumedang menjadi tempat yang akan di promosikan karena masih banyak tempat yang belum diketahui orang banyak. Pemasaran atau promosi destinasi wisata ini dilakukan untuk menciptakan awareness kepada calon wisatawan agar mengetahui dan berkeinginan untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumedang melalui pemberian berbagai informasi yang berkaitan dengan destinasi wisata. E-commerce berbasis media sosial dapat digunakan sebagai sarana promosi untuk meningkatkan daya saing pariwisata di Kabupaten Sumedang.



Capaian

Diseminasi modul pemanfaatan e-commerce bagi pariwisata.



Testimoni Masyarakat

Perlunya peningkatan promosi tempat-tempat wisata dengan menggunakan media sosial.