Kukuh Rizki Satriaji
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkankreativitas, melalui kesadaran seni dan desain sejak dini terutama pada siswausia sekolah dasar. Kurikulum sekolah dasar yang ada saat tidak banyak, yaituhanya pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (dok. kurikulum SekolahDasar tahun 2013 rev) yang dikategorikan pada Kelompok B, yaitu kontenpelajaran dapat dikembangkan oleh pemerintah daerah sesuai kearifan lokal.Metode yang digunakan adalah metode partisipatif dan kolaborasi (Participatory Action Research/PAR)dengan melibatkan langsung pengguna untuk memecahkan permasalahan yang ada.Elemen ruang di sekitar kelas dan lingkungan sekolah dipilih untuk dijadikanobyek yang akan didesain ulang karena secara rutin dilihat dan digunakan olehsiswa selama di sekolah. Selain itu agar siswa semakin memiliki rasa memiliki (sense of belonging) terhadap obyek yangada di sekolah. Kawasan Kota-Kabupaten Cirebon dipilih sebagai tujuan kegiatan inikarena untuk mendukung program kawasan binaan FSRD, salah satunya di sektorpendidikan. SD Negeri Kepongpongan 3, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, JawaBarat, dipilih sebagai tujuan kegiatan ini karena dianggap memiliki potensiyang menarik, baik secara lokasi maupun sumber daya. Selain itu, kegiatan inijuga mendukung program SDGs Desa, berfokus pada poin nomor 4 dari sektor pendidikan yang merata, terutamaseni dan desain. Dengan memberikan kesadaran desain sejak dini, diharapkandapat mendukung dan memperkaya sektor industri kreatif Cirebon kedepannya.
Laporan Akhir, Kegiatan
- Membantu mengenalkan material dan metode yang biasa digunakan dalam ranah seni rupa dan desain bagi siswa sekolah dasar - Mendukung SDG's desa, terutama di poin nomor 4, yaitu kualitas pendidikan - Mengetahui permasalahan dan kondisi, terutama di bidang pendidikan, yang kedepannya dapat dijadikan pertimbangan dalam keputusan desain maupun kebijakan