F.X. Sangriyadi Setio
Mengembangkan dan merancang kendaraan hemat bahan bakar untuk lari maraton satu galon bahan bakar adalah tugas yang menantang. Mesin harus dioptimalkan untuk mencapai efisiensi bahan bakar maksimum. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi rasio kompresi (CR) optimal dan waktu pengapian yang menghasilkan torsi terbaik pada motor bermesin bensin custom yang menggunakan bahan bakar ethanol E100. Pada percobaan pertama, CR disesuaikan antara 9 dan 12 untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap catatan jarak tempuh mesin. Percobaan dilakukan di jalur pengujian. Pada percobaan kedua, waktu pengapian disesuaikan dengan unit kontrol mesin (ECU) yang dibuat khusus antara 15 ° dan 45 ° sebelum titik mati atas (BTDC). Performa mesin diselidiki dari segi torsi terbaik dan konsumsi bahan bakar spesifik rem (BSFC), dengan variasi putaran mesin antara 1500 dan 8000. Pengujian dilakukan dengan dinamometer. Pengujian juga dilakukan dalam rasio kompresi konstan dan rasio bahan bakar-udara stoikiometri, 9. Hasil terbaik digunakan untuk mengembangkan mobil perkotaan kecil yang bersih, berkelanjutan, dan efisien untuk kompetisi Shell Eco-marathon Asia. Kami mencapai CR terbaik 12 dengan jarak tempuh rata-rata 212,3 km / liter. BSFC terendah diperoleh pada 4500 rpm yang menghasilkan 9,68 N.m.
Penerapan Teknologi Tepat Guna
-