Nuning Nuraini
Berbagai program dibuat untuk meningkatkan kemampuan guru dan siswa siswi sekolah di bidang matematika, namun sayangnya program-program ini seringkali hanya diperuntukkan untuk jalur prestasi saja, semisal persiapan olimpiade dan/atau lomba-lomba bidang studi saja. Padahal di suatu sekolah presentasi siswa siswi yang memiliki kemampuan yang sangat bagus kurang dari 10%, sementara sisanya belum tergarap. Proposal ini disusun untuk mengkonstruksi suatu model optimasi pembelajaran di bidang matematika untuk siswa siswi sekolah menengah secara umum, dan perguruan tinggi secara khusus. Model ini diharapkan dapat membantu guru/dosen untuk meningkatkan motivasi serta minat siswa siswi dalam bermatematika, dengan demikian pemahaman materi pelajaran matematika dapat lebih mudah diterima oleh siswa dan siswi.
Dari kegiatan ini akan dihasilkan contoh paket modul pembelajaran yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, khususnya para guru matematika di tingkat sekolah menengah dan juga perguruan tinggi. Kontribusi yang diberikan dari paket pembelajaran ini kepada pengembangan sains khususnya dalam mata pelajaran matematika akan diwujudkan dalam presentasi di tingkat kota dan publikasi ilmiah di tingkat nasional.
Merancang pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa belajar matematika; Meningkatkan motivasi guru untuk mengajarkan matematika pada siswa yang kurang minat terhadap matematika
manfaat program ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa siswi SMA untuk mata pelajaran matematika yang seringkali dianggap momok. Dari testimoni beberapa siswa menjadi semangat belajar karena ternyata bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah yang selama ini tidak terbayang. Harapannya ke depan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa siswi SMA.