Mervin Tangguar Hutabarat
Dalam skema pengabdian ini, tim melakukan penerapan aplikasi mobile presensi swafoto terhadap guru dan siswa/i SMK yang ada di Indonesia. Bentuk penggunaan aplikasi diberikan melalui tugas melakukan pengisian kehadiran secara daring dengan mengirimkan foto secara realtime disertai koordinat lokasi. Kemudian, untuk mendapatkan feedback dari siswa dan guru, tim menggunakan metodologi penyebaran kuesioner mengenai tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi. Kuesioner disebar ke guru dan siswa secara terpisah. Dari hasil pengisian kuesioner tersebut, tim memperoleh jumlah responden sebanyak 41 untuk kuesioner guru dan 557 untuk kuesinoner siswa. Jumlah responden guru dan siswa ini tersebar di beberapa SMK di Indonesia. Selain itu kegiatan lain yang dilakukan diantaranya adalah sosialisasi prakerin secara daring bersama 1000 SMK yang ada di seluruh wilayah Indonesia, serta menjadi institusi pendamping dalam kegiatan Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) 2020” yang dilakukan secara daring.
Penerapan Karya Tulis, Pelaksanaan Kegiatan Kepedulian Sosial berupa pendidikan/penyuluhan/pendampingan
Di masa pandemi seperti ini, menimbulkan adanya kebutuhan Praktik Kerja Lapangan secara online, sehingga sekolah perlu memantau kegiatan siswa/i nya termasuk kehadiran secara jarak jauh. Selain itu adanya program kegiatan dari Direktorat SMK terhadap upaya peningkatan kualitas dan kompetensi para tenaga pendidik SMK dalam menghadapi era industri 4.0. Berdasarkan pemahaman tentang kebutuhan tersebut, kami berniat melakukan kegiatan pengabdian dalam bentuk workshop dan implementasi presensi selfie berbasis teknologi IoT yang dapat memantau kehadiran.