Media Sosial sebagai Sarana Branding  Komunitas Perajin Desa Babakan, Pangandaran
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Tri Sulistyaningtyas



Ringkasan Kegiatan

Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan untuk menganalisis keterkaitan media sosial dengan branding untuk meningkatkan taraf ekonomi komunitas perajin Desa Babakan, Pangandaran. Sebagai sebuah komunitas, perajin Desa Babakan di Pangandaran belum memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi untuk memperkenalkan hasil produksinya. Hal ini sangat disayangkan, sebab produk hasil komunitas perajin Desa Babakan bernilai ekonomi tinggi, bahkan memiliki peluang untuk membuat Desa Babakan menjadi sebuah desa wisata.

Peluang Desa Babakan dalam membuka pasarnya agar lebih luas dapat diatasi menggunakan media sosial. Sebagai bentuk teknologi yang sedang berkembang pesat, media sosial melekat dalam segala aktivitas manusia. Hal ini dapat membantu komunitas perajin Desa Babakan dalam memperkenalkan hasil produksinya. Dengan jaringan yang begitu luas dan dapat diakses oleh banyak orang, media sosial dapat membuat produk kerajinan Desa Babakan tidak hanya dikenal oleh masyarakat desa, tetapi dapat dikenal juga oleh masyarakat dari daerah lain. Ketika memanfaatkan media sosial, komunitas perajin Desa Babakan harus mengemas produknya semenarik mungkin agar pengguna tertarik untuk membeli hasil produksinya. Permasalahan yang dihadapi oleh komunitas perajin Desa Babakan adalah minimnya pengetahuan mengenai branding dan media sosial.

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh komunitas perajin Desa Babakan. Dengan melaksanakan workshop dan pelatihan pemanfaatan media sosial untuk branding produk komunitas perajin Desa Babakan, diharapkan komunitas perajin Desa Babakan memiliki pengetahuan branding dan pengetahuan mengenai penggunaan media sosial. Pengetahuan branding di media sosial ini diharapkan pula dapat berpengaruh pada peningkatan hasil produksi yang dijual sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakatnya. Selain itu, branding yang dilakukan oleh komunitas perajin Desa Babakan diharapkan dapat membuka peluang Desa Babakan menjadi sebuah desa wisata.



Capaian

2. untuk meningkatkan promosi produk yang dihasil dari para perajin di komunitas perajin Desa Babakan sehingga dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas.; 1. Untuk meningkatkan produksi kerajinan dari komunitas Desa Babakan, sehingga dapat memperluas pasar dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.



Testimoni Masyarakat

program ini menjadi wadah bagi KK untuk berbagi ilmu tentang branding menggunakan media sosial; memberikan wawasan pada masyarakat tentang pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang pesat.