Estiyanti Ekawati
Ketahanan energi adalah isu yang, siap atau tidak, harus dihadapi oleh generasi produktif 10 tahun yang akan datang. Karena itu, teknik pendayagunaan sumber-sumber energi terbarukan perlu dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Salah satu upaya efektif untuk mendidik anak-anak terbiasa dengan konsep tersebut adalah dengan menempatkan satu instalasi sistem pembangkit energi terbarukan yang mekanismenya dapat dengan mudah mereka pahami, dan erat hubungannya dengan kegiatan mereka sehari-hari. Dunia anak adalah dunia bermain, melibatkan gerak jalan, lari dan lompat. Aktivitas ini tentu perlu diakomodasi di ruang yang lapang, dikenai cahaya matahari yang cukup serta sirkulasi udara yang baik. Karena itu, di lembaga pendidikan dasar dan menengah, lapangan olah raga merangkap tempat upacara serta kegiatan pertemuan umum merupakan fasilitas yang wajib tersedia. Energi cahaya matahari yang menuju lapangan dapat dipanen menggunakan panel surya. Demikian pula dengan energi yang dipindahkan saat siswa berlari dan melompat di atas panel yang diberi lapisan piezoelektrik. Dengan demikian, akan tumbuh generasi baru yang mempunyai kesadaran dan minat terhadap energi terbarukan dan menjadi motor ketahanan energi di masa yang akan datang. Generasi baru ini yang menjadi massa kritis pengguna sistem energi terbarukan. Massa kritis yang cukup besar akan memungkinkan biaya sistem pembangkitan energi terbarukan lebih ekonomis, dan pendayagunaannya lebih tepat sasaran di masa yang akan datang.
Penerapan Teknologi Tepat Guna, Penerapan Karya Tulis
Ketahanan energi adalah isu yang, siap atau tidak, harus dihadapi oleh generasi produktif 10 tahun yang akan datang