Kukuh Rizki Satriaji
Pendidikan yang layak dan berkualitas merupakan salah satu hak yang harus diperoleh oleh setiap warga negara, termasuk di dalamnya lingkungan belajar yang baik. Dalam lingkup desain interior, elemen ruang dapat dibagi menjadi langit-langit, dinding, lantai, furnitur, warna, pencahayaan, dll yang integrasi dari semua elemen tersebut mampu menghasilkan sebuah suasana bagi penggunanya. Elemen ruang di sekitar kelas dan lingkungan sekolah dipilih untuk dijadikan obyek yang akan debrikan nilai tambah karena secara rutin dilihat dan digunakan oleh siswa selama berada di sekolah. Harapannya agar siswa semakin memiliki rasa memiliki (sense of belonging) terhadap obyek yang ada di sekolah. Pada PPMI tahun 2023 ini, tim mencoba menyasar lokasi sekolah lain yaitu SDN 04 Sukadana yang memiliki rombel siswa lebih banyak. Pemilihan lokasi tersebut dilakukan dengan alasan bahwa sekolah memiliki potensi yang menarik, baik secara lokasi maupun sumber daya. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung program SDGs Desa yaitu sektor pendidikan yang merata, terutama dalam bidang seni dan desain. Dengan memberikan kesadaran desain sejak dini, diharapkan dapat mendukung dan memperkaya sektor industri kreatif di Lombok kedepannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepekaan siswa terhadap ruang kelas yang kemudian dapat membangkitkan kemauan siswa untuk beraktivitas di sekolah. Kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan berbasis kreatif sesuai dengan keilmuan seni rupa dan desain (SRD). Metode yang digunakan adalah metode partisipatif dan kolaborasi melalui workshop interaktif dengan melibatkan langsung pengguna untuk memecahkan permasalahan ruang yang ada.
Memberikan kontribusi keilmuan di bidang pendidikan dasar terutama yang berkaitan dengan ranah seni dan desain yang selama ini sangat terbatas; Meningkatkan sense of belonging siswa terhadap ruang kelas dan lingkungan sekolah; Meningkatkan kesadaran ruang, terutama ruang kelas, bagi siswa dan guru sekolah dasar melalui pendekatan seni dan desain
Mahasiswa Mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat sambil melihat kondisi yang ada di lapangan. Dosen dan KK Manusia dan Ruang Interior Kegiatan sejalan dengan renstra KKMRI dengan fokus di bidang ruang dan lingkungan belajar (pendidikan). Selain itu dosen memiliki mitra yang berpotensi menjadi lokasi binaan. Masyarakat (siswa dan guru) Memperoleh pemahaman mengenai pentingnya memahami ruang bagi pengguna di dalamnya sesuai dengan keilmuan desain interior