Nama Peneliti (Ketua Tim)

Agung Eko Budiwaspada



Ringkasan Kegiatan

IdentitasVisual Perusahaan yang merupakan bagian dari Corporate identity berfunsisebagai tanda yang mencerminkan dirinya dihadapan khglayak sasarannya.Identitas visual menjadi penting karena menjadi stimulus yang akan dipersepsioleh masyarakat dan menghasilkan impresi menyeluruh tentang persusahaantersebut (citra). Terdapat fakta bahwa perusahaan (BUMN) didapati ada yangmengganti identitas visualnya (logo dan aplikasinya di berbagai mediabranding). Hal itu disebabkan adanya perubahan penting dalam menghendaki adanyaredesain identitas visualnya sebagai tanda atas perubahan tersebut.  Demikianpentingnya makna identitas visual bagi perusahaan, sehingga strategi, konsep,dan visualisasinya menjadi perhatian yang serius. Merupakan kontribusi yangberharga jika pengalaman praktik perancangan identitas visual dapatdidesiminasikan kepada masyarakat luas terutama para pemangku kepentinganrancangan identitas visual perusahaan. Untuk dapat mencapai harapan tersebuttersebut, akan dilakukan penelitian dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakatdengan menggunakan metoda reseach led practice (Hazel Smith and Roger T. Dean,2009), yakni merupakan model riset ranah kreatif (desain) menggunakan prosesjaringan siklik berulang. Hasil penelitian ini akan ditulis dalam format ilmiahdan diterbitkan dalam bentuk buku yang ber-ISBN.



Capaian

Produk



Testimoni Masyarakat

Manfaat keilmuan dari PkM ini adalah memperkaya pemahaman dan wawasan tentang dilakukannya redesain identitas perusahaan. Manfaat keilmuan ini berelasi kuat dengan keilmuan KK-Komunikasi Visual dan Multimedia, FSRD ITB.