Agus Suharjono Ekomadyo
Di Indonesia, awalnya budaya konsumsi kopi dilakukan oleh masyarakat perkampungan melalui kegiatan informal di kedai-kedai kopi, namun budaya ini kemudian berkembang menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan kelas menengah dan atas. Potensi Indonesia sebagai produsen kopi keempat terbesar di dunia mendorong pengembangan industri kopi sebagai bagian dari ekonomi kreatif. Kawasan Bandung dan sekitarnya mempunyai penting dalam sejarah dan perkembangan industri kopi di Indonesia. Dari sisi produksi, di kawasan ini dikenal sebagai kawasan produksi Kopi Priangan, yang sampai saat ini masih dikenal sebagai kopi dengan kualitas kelas dunia. Meskipun banyak potensi, namun pengembangan industri kopi sebagai ekonomi kreatif menemui banyak kendala. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermaksud berperan serta dalam gerakan ekonomi kreatif untuk industri kopi di Indonesia melalui penciptaan ruang inovasi petani Kopi Burangrang. Lokasi kegiatan berada di Kampung Lapang, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Dari kegiatan ini diharapkan terbangunnya jejaring inovasi yang berkelanjutan antara ITB dengan kawasan desa binaan dengan mitra-mitra lain. Kata Kunci: Budaya Konsumsi Kopi, Ekonomi Kreatif, Industri Kopi
Pelaksanaan Kegiatan Kepedulian Sosial berupa pendidikan/penyuluhan/pendampingan
Tidak ada