Vaksin menjadi salah satu upaya utama yang dilakukan dalam menekan penularan COVID-19, dengan menghasilkan kekebalan kelompok di masyarakat. Beberapa jenis vaksin yang digunakan di Indonesia adalah vaksin yang telah disetujui oleh WHO dan terbukti aman dan efektif dalam melindungi penerimanya. Selain itu juga telah melalui uji klinis dari berbagai lembaga terkait di Indonesia. Melalui kerjasama antar berbagai pihak, maka program Vaksin mulai digencarkan di berbagai daerah dan di semua lapisan masyarakat. 

Namun saat ini, program Vaksin di Indonesia dihadapkan oleh banyak kendala, salah satunya adalah masalah penyebaran hoaks atau berita-berita mengenai Vaksin yang dapat menyesatkan masyarakat sehingga penyerapan vaksin masih belum mencapai Sasaran Vaksinasi Nasional.

Bagaimanakah reaksi masyarakat dalam menyikapi penyebaran hoaks mengenai vaksin dan pandemi COVID-19? Apakah dampak yang ditimbulkan dari penyebaran hoaks atau berita-berita yang belum tentu terjamin kebenarannya? Kemudian bagaimanakah upaya edukasi Vaksin Covid-19 yang dapat dilakukan kepada masyarakat?

LPPM ITB bekerjasama dengan Design Ethnography Lab. FSRD ITB mengelola gelar wicara bertajuk Karsa Loka Vol. 010. dengan tema “Edukasi Vaksin COVID-19 sebagai Antisipasi Penyebaran Hoaks di Masyarakat”, dengan mengundang narasumber dr. Decsa Medika Hertanto,Sp.PD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Edukator) Acara ini akan dimoderatori oleh Dr. Tjokorde Istri Armina, M.Si (Sekolah Farmasi, ITB).

Hari/Tanggal: Jum'at/13 Agustus 2021
Waktu: 15.30 - 17.00 WIB
Tempat: Zoom/Youtube LPPM ITB

Pendaftaran: bit.ly/pendaftaran-karsaloka10

Tautan YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=jteB5JGS8eo

Virtual Background: https://bit.ly/VirtualBg-Karsaloka10

Materi Edukasi Vaksin COVID-19 sebagai Antisipasi Penyebaran Hoaks di Masyarakat

Narahubung: 082120004613 (WA)

#ITB4people #communityservices #pengabdianmasyarakat #SDGs3 #webinaritb #karsaloka #covid19 #hoaks #pmitb #lppmitb

ABOUT THE SPEAKER
dr. Decsa Medika Hertanto, Sp.PD. • RSUD Dr. Soetomo Surabaya dan Universitas Airlangga

.

1532

views

13 August 2021


REGISTER VIA GOOGLE FORM