Wujudkan Desa Wisata, Tim LPPM ITB Bawa 3 Program Utama untuk 4 Desa di Kabupaten Magetan

Wujudkan Desa Wisata, Tim LPPM ITB Bawa 3 Program Utama untuk 4 Desa di Kabupaten Magetan

BANDUNG, lppm.itb.ac.id-Rabu, 15 Juni 2022, Potensi desa wisata di daerah Kabupaten Magentan ini, direspons oleh Tim Pusat Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata ITB yang diketuai oleh Yani Adriani S.T.M.P.Par. Kegiatan ini membawa 3 program utama bagi 4 desa yang tergabung dalam B2 Jaya (Kawasan Gunung Bungkul dan Gunun Blego) yang ada di kecamatan Parang. Program ini terdiri dari,
1. Menyiapkan masyarakat sebagai pelaku utama desa wisata. Dengan memberikan pelatihan pelatihan kepada masyarakat sehingga kita harapkan sekitar bulan November paket wisata yang dikembangkan masyarakat sudah bisa ditawarkan kepada wisatawan. 
2. Merencanakan dan memfasilitasi pemerintah desa dalam perencanaan desa yang menjadi dasar pengembangan desa wisata dari tahun ke tahun. 
3. Tim Geologi yang akan meneliti keragaman geologis dari kawasan ini untuk menjadikan geo wisata sebagai daya tarik wisata. Selain itu tim juga mengkaji secara aspek geologi untuk mendapatkan sumber air bersih. ”Kegiatan ini adalah upaya ITB dalam merespon desa -desa yang ingin mengembangkan desanya sebagai desa wisata”, ucap Yani, dikutip dari harianlenteraindonesia.co.id

Kepala Desa Ngunut, Sauji, mengatakan dengan adanya program ini, harapannya keempat desa ini kedepan dalam mengembangkan potensi desa wisata. "Potensi paralayang yang mulai kami tonjolkan. Kami ingin agar masyarakat kami bukan hanya sebagai penonton, tetapi juga sebagai pelaku wisata", sambung Sauji.

Dengan adanya program lanjutan selama 10 tahun kedepan, harapannya 4 desa yang ada kabupaten Magetan ini bisa mewujudkan desa wisata.

536

views