Program Pangabdian Masyarakat di Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) Menggelar Internet Desa di Desa Brukol Mangoli Tengah Kapulauan Sula

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB, bakerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), menggelar program Pangabdian Masyarakat di Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Kepala Desa Brukol Mangoli Tengah Kapulauan Sula (Kepsul) Jufri Sapsuha mengatakan, salah satu desa yang terpilih dalam program Ini adalah Desa Baru Akol Mangoli Tengah.

Dia menuturkan melalui aplikasi Desanesha yang dikembangkan oleh LPPM ITB itu, untuk manghubungkan desa dan pakar-pakar di ITB.

Jufri mengaku, warga setempat selalu keluhkan jaringan internet. Sebab, akses internet lambat dan belum mancukupi kebutuhan desa.

Lanjutnya, LPPM ITB menugaskan Tim Kelompok Keahlian Teknik Telekomunikasi di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Ahmad Izzanuddin untuk menelusuri masalah dan mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Ahmad Izzanuddin mengatakan, mereka sudah membangun komunikasi dengan kapala Desa Brukol Jufri Sapsuha malalui aplikasi Desanasha, untuk menggali informasi dan kondisi terkini di Brukol. Kemudian dilakukan survei pada Juli 2023. Selanjutnya mereka menuju ke Desa Baru Akol.

254

views