Potensi Wisata di Desa Cimarga: Tantangan dan Peluang untuk Pengembangan

Desa Cimarga, dengan letak geografisnya yang memukau di ketinggian 720 mdpl dan pemandangan yang menawan dari Waduk Jatigede, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang mencintai keindahan alam. Namun, meskipun memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata, Desa Cimarga masih menghadapi sejumlah tantangan dalam mengelola dan mengembangkan potensi tersebut.

Beberapa destinasi wisata potensial di Desa Cimarga antara lain Taman Makam Tadjimalela, Curug Cihonje, Wisata Batu Dua, dan agrowisata kopi. Namun, sayangnya, realisasi potensi wisata ini terhambat oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya pengelolaan dan infrastruktur yang memadai.

Meskipun sudah ada masterplan dan rencana detail engineering design (DED) yang disusun oleh Dinas Pariwisata Sumedang, realisasi dari rencana tersebut masih belum terjadi hingga saat ini. Hal ini membuat hanya sedikit dari potensi wisata Desa Cimarga yang benar-benar tereksplorasi, seperti Taman Makam Tadjimalela yang hanya dikunjungi pada momen-momen tertentu.

Curug Cihonje, meskipun memiliki potensi yang cukup besar, mulai sepi karena dampak pandemi Covid-19 dan sulitnya akses jalan. Begitu juga dengan Wisata Batu Dua, yang belum dimanfaatkan sepenuhnya meskipun memiliki potensi besar sebagai tempat paralayang.

Di samping kondisi eksisting tersebut, terdapat peluang untuk mengembangkan kawasan yang baru dengan memanfaatkan komoditas unggulan Desa Cimarga, yaitu kopi dan cengkeh. Dengan hamparan lahan perkebunan kopi yang berlokasi dekat dengan Taman Makam Prabu Tadjimalela, pengembangan agrowisata kebun kopi menjadi salah satu alternatif yang menarik.

Agrowisata kebun kopi ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Desa Cimarga. Dengan menggabungkan potensi alam dan komoditas unggulan masyarakat setempat, program "Optimalisasi Potensi Pengembangan Kawasan Wisata melalui Pembangunan Agrowisata Kebun Kopi di Dusun Sempurmayung, Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat" diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan bagi Desa Cimarga dan masyarakatnya.

36

views