Ketua: Arif Susanto
Anggota: Very Susanto, R Syukur, Rizky NS, M Eko Akbar, Arief Maulana

Desa Gurimonearu, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, umumnya warga memiliki pekerjaan sebagai pengrajin kain tenun dan petani pohon lontar.

Warga desa kekurangan air bersih dan distribusi air tidak merata. Kaum perempuan biasanya bertugas mengambil air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Tim Pelaksana ITB (Arif Susanto dan Very Susanto) melakukan pertemuan dengan Bupati dan Kadis PMD Kab. Sabu Raijua. Selanjutnya Tim disambut oleh Kades Gurimonearu dalam acara Pengalungan kain tenun sebagai bentuk sambutan selamat datang.

Kegiatan berikutnya berupa Penyerahan secara simbolis seperangkat pompa air dan kabel listrik ke Kades Gurimonearu dan musyawarah dengan warga desa untuk menentukan sistem distribusi dan sarana air bersih.

Setelah itu Tim melakukan berbagai kegiatan survei seperti survei hidrogeologi (mata air dan sumur gali) serta pengukuran temperatur, pH, EC, TDS, dan debit air, survei 1D dan ADMT sebanyak 3 titik untuk mengetahui lapisan akifer air dan jenis batuan di bawah permukaan.

Berikutnya Tim Pelaksana ITB menyerahkan material pembangunan sarana air bersih yang terdiri dari toren air, pipa HDPE, dan kabel listrik, dan lain-lain, dilanjutkan dengan pemasangan instalasi jaringan listrik sepanjang 1,5 km, lalu pemasangan dua unit pompa submersible 1,5 HP, dua unit kwh meter @ 2200 VA, dua unit toren @ 5000 L, dan pemasangan jaringan pipanisasi sepanjang 2,25 km, serta kran air.

Setelah kegitan instalasi air selesai, masyarakat mengadakan Tarian Pedo'a dalam acara peresmian dan serah terima bantuan sarana air bersih di Desa Gurimonearu.

Selain tarian adat, acara peresmian disi pula oleh kata sambutan dari Ketua DPRD Kabupaten Sabu Raijua Bapak Paulus Rabe Tuka, S.H., Kepala Desa Gurimonearu Bapak Dominggus Ratu Mone, dan dari Bapak Arif Susanto sebagai Ketua Tim Pelaksana.

Tim Pelaksana mengucapkan terima kasih kepada:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ITB, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Bupati Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ketua DPRD Kabupaten Sabu Rajiua, NTT, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sabu Raijua, NTT, Pemerintah Desa Gurimonearu, Kec. Hawu Mehara, Kab. Sabu Raijua, NTT, serta seluruh anggota tim pelaksana atas dukungan dan kerja samanya dalam kegiatan ini

262

views