Pengabdian Masyarakat ITB untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Wilayah Terluar di Desa Falila, Morotai

Institut Teknologi Bandung (ITB) tidak hanya terkenal sebagai perguruan tinggi ternama di Indonesia dan dunia, namun juga memiliki komitmen untuk mendampingi dan membantu masyarakat, terutama di daerah-daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Dalam upaya mendekatkan ilmu pengetahuan dan teknologi hasil penelitian, mahasiswa dan dosen ITB bersinergi untuk menjawab tantangan dalam bidang pertanian yang dihadapi oleh masyarakat. Langkah ini juga melibatkan kolaborasi dengan dunia bisnis, usaha, dan industri manufaktur, terutama skala Usaha Kecil Menengah (UKMK).

Melalui program Desanesha ITB bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), civitas akademik ITB, termasuk dari Fakultas/Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB, terlibat dalam Desa Falila, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel), Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Rizka Kalsani, dalam wawancara dengan halmaherapost.com, menjelaskan bahwa program ini merespons permasalahan yang dihadapi oleh Desa Falila, yaitu produktivitas pertanian di lahan kering. Lewat skema top-down, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB menentukan tema untuk Desa Falila: Penerapan Teknologi Pertanian di Lahan Kering.

"Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan produktivitas pertanian di lahan kering di Desa Falila melalui pelatihan pembuatan dan penggunaan pupuk organik, bokashi, pupuk organik cair, serta demonstrasi teknik budidaya pertanian intensif di lahan kering," ujar Rizka pada Rabu, 09 Agustus 2023.

Rizka menambahkan bahwa harapannya adalah masyarakat dapat mengadopsi teknologi pertanian di lahan kering, terutama dalam pembuatan pupuk organik bokashi dan pupuk organik cair. Dengan pemahaman yang baik mengenai sistem budidaya dan penggunaan pupuk organik, diharapkan produktivitas pertanian di lahan kering dapat ditingkatkan.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, pengetahuan dan keterampilan praktis masyarakat Desa Falila dapat ditingkatkan, dan hal ini bisa diterapkan dalam usaha pertanian mereka," tutupnya.

302

views