Pemulihan Kelembagaan Desa Cimarga Melalui Inisiatif Mahasiswa

Desa Cimarga, terletak di Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, menghadapi tantangan dalam mengelola kelembagaan desa. Sebagai respons, Kelompok KKN Tematik ITB 2023 menangani permasalahan ini dengan fokus pada revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), sebuah lembaga kunci dalam pengembangan usaha dan perekonomian desa.

BUMDesa di Desa Cimarga memiliki tiga unit utama: pariwisata, Wi-Fi, dan perdagangan. Namun, meskipun strukturnya telah terorganisir dengan baik, masih ada tantangan operasional yang dihadapi, termasuk ketergantungan pada kepala unit dan kinerja yang belum optimal. Untuk mengatasi masalah ini, kelompok KKN ITB melaksanakan program workshop yang mencakup seminar dan pelatihan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas BUMDesa.

Program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperbaiki pelayanan publik, tetapi juga untuk memperkuat kolaborasi antara lembaga desa dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kelembagaan desa. Meskipun menghadapi beberapa kendala operasional selama pelaksanaan program, seperti masalah sirkulasi udara pada kegiatan FGD dan miskomunikasi antara pembicara dan panitia pada seminar, kelompok KKN tetap berupaya untuk memastikan kelancaran program.

Hasil dari program ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi aparat desa, BUMDesa, dan masyarakat secara keseluruhan. Evaluasi dan saran yang diberikan akan menjadi panduan untuk perbaikan dan pengembangan program selanjutnya. Dengan demikian, inisiatif ini merupakan langkah strategis dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Desa Cimarga.

26

views