Pembangunan Penerangan Jalan Umum di Dusun Cipeundeuy, Desa Cimarga, Kabupaten Sumedang

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menjadi agenda tahunan yang diadakan oleh ITB di bawah pengawasan Ditmawa. Kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa tingkat 3 dari berbagai jurusan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui beragam program pengabdian.

Pada tahun 2023, KKN Tematik ITB dilaksanakan di Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Salah satu kelompok yang berpartisipasi dalam KKN-T ITB 2023 adalah Kelompok 11, yang memilih tema utama tentang energi. Fokus utama kegiatan kelompok ini adalah pemasangan Panel Jalan Umum (PJU) tenaga surya di 8 titik serta revitalisasi PJU listrik di 14 titik. Lokasi pemasangan PJU tersebut tersebar di Dusun Sempurmayung dan Cipeundeuy.

Tak hanya itu, kelompok ini juga turut serta dalam kegiatan non-tema sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Program-program ini meliputi kegiatan mengajar di madrasah dan SD setempat, pemberian bantuan kepada warga sekitar, penyelenggaraan lomba posyandu, dan perayaan 17 Agustus.

Namun, dalam proses pelaksanaan, beberapa tantangan muncul. Awalnya, rencana pemasangan 10 titik PJU tenaga surya serta 50 delineator di sepanjang jalan Sempurmayung menuju Cipeundeuy dan Cinangsih harus diubah. Hanya 8 titik PJU tenaga surya yang terpasang, dan rencana pemasangan delineator tidak dilaksanakan karena pertimbangan kondisi lingkungan dan permintaan warga. Sebagai gantinya, dilakukan revitalisasi PJU yang meliputi penggantian lampu, kabel, dan pengecatan ulang tiang lampu.

Kendala lainnya muncul dalam hal logistik. Proses penggalian untuk pondasi PJU sudah dimulai sebelum bahan material tiba, menyebabkan penundaan. Selain itu, pembagian bahan material tidak merata dan ketersediaan air terbatas di beberapa titik pemasangan. Transportasi material juga menjadi masalah karena kurangnya survei yang memadai.

Selain tantangan teknis, kelompok ini juga menghadapi kesulitan dalam koordinasi dengan pihak terkait pada program non-tema. Perbedaan informasi antara kelompok dengan pihak terkait sering terjadi, seperti pada program mengajar di madrasah dan SD serta persiapan lomba posyandu.

Meskipun dihadapkan dengan berbagai kendala, Kelompok 11 KKN-T ITB tetap berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat Desa Cimarga. Dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, mereka berupaya menjalankan program-program pengabdian dengan sebaik mungkin demi kemajuan dan kesejahteraan desa tersebut.

35

views