Pembangunan Infrastruktur Air Bersih Membawa Dampak Positif bagi Masyarakat Kampung Margawati

Dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kampung Margawati, Dusun Margawati, Desa Cimarga, terutama terkait hak atas pemenuhan air bersih, telah dilakukan pembangunan infrastruktur dan sistem distribusi air bersih. Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat dapat dengan mudah mengakses air bersih dengan mudah dan aman.

Pembangunan ini tidak hanya mencakup pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap mahasiswa sebagai ruang belajar dan turun serta langsung ke masyarakat.

Salah satu manfaat utama dari pembangunan ini adalah menyediakan infrastruktur yang memadai bagi masyarakat. Proyek ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa, terutama kelompok 06 air bersih, untuk hidup, berinteraksi, dan berkegiatan secara langsung di desa selama kurang lebih 21 hari. Hal ini membantu mahasiswa untuk melatih keterampilan berpikir kritis dengan mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada, serta meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya air bersih dan kesehatan.

Dalam prosesnya, kelompok 06 air bersih melakukan kolaborasi dengan kelompok lain, terutama terkait pemenuhan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait air bersih dan sanitasi.

Meskipun proyek ini telah memberikan manfaat yang signifikan, ada beberapa permasalahan dan saran yang perlu diperhatikan. Perlu dilakukan studi kelayakan yang lebih merinci sebelum program dilaksanakan, dan perlu dilakukan pemantauan secara berkala. Selain itu, apabila ada dana yang tersedia, pembuatan kolam pengolahan air yang lebih baik perlu dipertimbangkan untuk mengantisipasi setiap kemungkinan terutama bencana alam.

Dengan demikian, pembangunan infrastruktur air bersih ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Kampung Margawati, tetapi juga memberikan pengalaman dan pembelajaran berharga bagi mahasiswa serta menciptakan sinergi antar kelompok dalam mencapai tujuan bersama.

56

views