Modultrax V2M untuk Matotonan

Desa Matotonan merupakan Desa paling hulu di Kecamatan Siberut Selatan. Untuk mengunjungi desa ini, kita biasanya harus melewati jalur sungai menggunakan pong-pong. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang cukup ekstrem dan berbahaya, terutama saat musim hujan tiba. Saat musim hujan, kondisi jalan sangat licin yang mengakibatkan banyak pengendara terpeleset dan  terjatuh. Sungai yang kerap banjir saat musim hujan juga menjadi kendala, beberapa jembatan penghubung kerap kali rusak atau bahkan hanyut terbawa banjir. Hal ini membuat perjalanan menuju Desa Matotonan lebih baik dilalui menggunakan jalur sungai dibanding darat meski harus menempuh waktu yang lebih lama. 

Sabtu, 2 Desember 2023 tim Pengabdian Masyarakat LPPM ITB yang diketuai oleh Bapak Bismo Jelantik Joyodiharjo bersama tim Eljihadi Alfin dan Farras Taufiqurrazak dari Fakultas Seni Rupa dan Desain melakukan perjalanan kembali ke Desa Matotonan, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kali ini, tim ITB membawa modultrax v2m yang merupakan motor listrik karya dosen ITB yang baru saja mendapatkan penghargaan Good Design Award. Modultrax v2m didesain khusus untuk medan yang sulit seperti Desa Matotonan agar mempermudah mobilisasi dan mendukung aktifitas masyarakat di daerah 3T. Modultrax juga dapat menjadi alternatif solusi dari permasalahan kesulitan akses BBM di daerah pulau-pulau terluar Indonesia.

Di Matotonan, modultrax dapat dimanfaatkan untuk memobilisasi hasil panen masyarakat dari ladang ke dermaga pong-pong. Modultrax juga dapat dijadikan kendaraan siaga Desa yang tidak tergantung pada BBM jika suatu waktu diperlukan perjalanan darurat ke Muara Siberut. Selain itu, batrai pada Modultrax yang dapat dilepas bisa digunakan sebagai alternatif diesel saat keadaan darurat yang membutuhkan listrik.

Dengan adanya modultrax v2m untuk Desa Matotonan, diharapkan dapat membantu menyediakan transportasi yang aman, sesuai medan, ramah lingkungan, tidak lagi tergantung pada BBM yang sering terputus, dan dilengkapi dengan beberapa fitur untuk mengoptimalkan aktifitas masyarakat.

365

views