Mahasiswa ITB Bersatu Membangun Kembali Masjid An-Nur di Kampung Margamukti

Sebuah langkah monumental telah diambil oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2023 dengan tema "Rekonstruksi Masjid An-Nur" di Kampung Margamukti, Desa Cimarga, Kabupaten Sumedang. Proyek ini tidak hanya tentang membangun kembali sebuah bangunan fisik, tetapi juga menguatkan ikatan sosial, agama, dan pembangunan lokal.

Masjid An-Nur di Kampung Margamukti memiliki peran sentral dalam kehidupan masyarakat setempat. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini menjadi pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, dan kesejahteraan. Namun, infrastruktur masjid yang sudah tidak layak menjadi masalah yang harus segera diatasi.

Mahasiswa KKN ITB berperan sebagai fasilitator dan penggerak utama dalam proyek ini. Mereka tidak hanya membawa pengetahuan akademis, tetapi juga kemampuan berinteraksi dengan masyarakat lokal. Proses rekonstruksi melibatkan berbagai tahap, mulai dari survei kebutuhan lokal, desain rancangan masjid, koordinasi dengan komunitas setempat, hingga pelibatan warga dalam pembangunan fisik.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga terlibat dalam edukasi masyarakat sekitar terkait mitigasi bencana, kegiatan olahraga, pemeliharaan masjid, dan pemanfaatan masjid sebagai pusat kegiatan inklusif. Melalui keterlibatan langsung dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, mahasiswa KKN memperoleh pengalaman berharga tentang kepemimpinan, adaptasi, dan sensitivitas terhadap kebutuhan lokal.

Sinergi dengan proyek lain, terutama proyek pembangunan MCK di sebelah masjid, menjadi bagian penting dalam keseluruhan pembangunan kawasan tersebut. Dengan kerjasama ini, dampak positif dapat dirasakan oleh seluruh warga di sekitar masjid.

Meskipun terdapat beberapa tantangan seperti mekanisme pengajuan proyek yang tidak selalu jelas, mahasiswa KKN siap untuk terus memantau kondisi masjid setelah rekonstruksi selesai. Dengan demikian, mereka tidak hanya menjadi agen perubahan dalam pembangunan fisik, tetapi juga menciptakan ikatan emosional yang kuat antara perguruan tinggi, mahasiswa, dan masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan.

41

views