LPPM ITB Selenggarakan Pameran Karya Pengabdian Masyarakat dan Panggung Agustusan Warga Citarum Harum

Dalam Rangka HUT ke-78 RI, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung (LPPM) ITB menyelenggarakan Pameran Karya Pengabdian Masyarakat dan Panggung Agustusan Warga Citarum Harum, Sabtu 19 Agustus 2023 pagi.

Pameran Karya Pengabdian Masyarkat dan Panggung Agustusan Warga Citarum Harum ini diadakan di area Waduk Cirata, Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat,

Dalam Rangka HUT ke-78 RI, LPPM ITB menyelenggarakan Pameran Karya Pengabdian Masyarkat dan Panggung Agustusan Warga Citarum Harum.

Pameran Karya Pengabdian Masyarkat dan Panggung Agustusan Warga Citarum Harum diisi berbagai acara, mulai dari Senam Bersama, Cek Kesehatan Gratis, Penyerahan Alat Penjernih Air, hingga Edukasi Citarum Harum untuk Tingkat TK, SD dan SMP.

Sekretaris Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM ITB, Deny Willy Junaidy memaparkan, ada berbagai karya yang berhasil dibuat oleh para Dosen ITB dalam program Citarum Harum.

Karya-karya tersebut diantaranya Alat Penjernih Air Siap Minum dan Pembangkit Listrik Tenaga Piko Hidro.

"Kita berhasil membuat Boat untuk membersihkan enceng gondok, membuat tenaga piko hidro yang bisa mengaliri listrik bagi 200 warga. Serta alat penjernih air dengan teknologi membran, yang bisa langsung dikonsumsi atau diminum airnya oleh warga," papar Deny saat ON AIR di Radio PRFM.

Deny menjelaskan, salahsatu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan LPPM ITB yakni terkait program Citarum Harum. Para dosen diminta untuk mengabdikan karya-karyanya, aktivitasnya, temuan-temuannya langsung ke tengah masyarakat.

"Saat ini yang sedang kita selenggarakan adalah pengadian masyarakat Citarum Harum. Dimana dosen-dosen ITB diharapkan untuk bisa menerapkan karyanya langsung di tengah masyarakat, sekaligus menjawab tantangan dan persoalan di program Citarum Harum yang telah diadakan kurang lebih enam tahun belakangan ini," ujarnya.

Diungkap Deny, pada tahun depan rencananya Tim Satgas Citarum Harum ITB akan ikut berperan dalam World Water Forum (WWF) di Bali. Di dalam forum internasional tersebut, ITB akan hadirkan solusi-solusi berdasarkan pengalaman selama enam tahun pengabdian di program Citarum Harum.

"Kita juga membukukan aktivitas-aktivitas kita terkait program Citarum Harum. Insyallah bukunya akan terbit di Desember 2023," bebernya.

311

views