LPPM ITB Bekerja Sama dengan LPPM UPATTI Gelar Workshop Pelestarian dan Pemanfaatan Pisang Tongka Langit

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pattimura menggandeng Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Workshop: Program Pengabdian kepada Masyarakat, Skema Buttom Up Institut Teknologi Bandungdengan tema “Upaya Pelestarian dan Pemanfaatan Pisang Tongka Langit Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Maluku”.

Kegiatan Tersebut berlangsung dari Tanggal 1 – 2 Agustus 2023 berlangsung di Aula Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Pattimura. Workshop ini bertujuan untuk mengedukasi pemanfaatan serta pelestarian tanaman Pisang Tongka Langit agar bisa menjadi salah satu komoditi pangan yang ekonomis bagi masyarakat di Provinsi Maluku.

Ketua Kelompok Keahlian, Energi Sistem Pemproses Teknik Ilmiah, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung Dr. Sanggono Adisasmito dalam sambutanya menjelaskan bahwa perkembangan ekonomi di Provinsi Maluku akan berkembang dengan sangat pesat, untuk itu haruslah Masyarakat Maluku lebih inovatif agar dapat meningkatkan perekonomian dengan cara memanfaatkan sumberdaya alam yang ada, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatan nilai ekonomi bagi masyarakat Provinsi Maluku serta dapat berkolaborasi dengan pihak Universitas Pattimura maupun instansi terkait.

Senada dengan hal ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Keamanan Pangan, Chairul Achmad Hurasan S.Hut mengatakan Pihak Pemeritah dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku mendukung penuh serta mengapresiasikan pengembangan tanaman Pisang Tongka Langit sebagai salah satu pangan lokal endemik Maluku, dan berharap agar kedepannya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum. dalam sambutanya mengatakan, kegiatan ini sangatlah penting untuk dilakukan, mengingat sebagian besar masyarakat Maluku belum tahu banyak tentang manfaat serta kegunaan Pisang Tongka Langit.

“Kegiatan ini tentu dapat mengedukasi para pelaku usaha pertanian agar dapat memanfaatkan tanaman pisang tongka langit ini dengan baik dan juga memahami alur pemanfaatannya dengan baik agar dapat meningkatkan perekonomian”, ujarnya.

Prof. Saptenno berharap agar kedepanya ada sinergitas antara Universitas Pattimura dengan instansi terkait untuk sama-sama berperan aktif dalam mendukung implementasi kegiatan ini, serta membawa dampak positif bagi masyarakat setempat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan mesin pengering oleh Dr. Sanggono Adisasmito kepada Fakultas MIPA Unpatti, yang diterima langsung oleh Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman anakan Pisang Tongka Langit disekitar kampus.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Lewakabessy, M.Pd., Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd. M.Si., Ketua dan Sekretaris LPPM Unpatti., Ketua Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat LPPM Institut Teknologi Bandung, untuk Pisang Tongka Langit Graecia Lugito Ph.D, Peserta Workshop dan Tamu Undangan Lainya.

293

views