Langkah Membangun Akses Sanitasi di Kampung Margamukti

Kampung Margamukti di Desa Cimarga, Kabupaten Sumedang, telah menandai langkah maju dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya melalui pembangunan fasilitas sanitasi yang layak. Dalam upaya memastikan semua warga memiliki akses sanitasi yang aman, Kelompok 1 KKN ITB 2023 telah meluncurkan program pembangunan MCK umum dan sistem pengolahan limbah on-site melalui septic tank.

Program tersebut, yang dilaksanakan di RT 01 dan RT 02 Kampung Margamukti, bertujuan tidak hanya membangun 2 MCK umum dengan septic tank, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat sekitar tentang pentingnya pemeliharaan sanitasi yang berkelanjutan. Dengan melibatkan teknologi berupa penambahan bakteri pada septic tank, proses penguraian limbah menjadi lebih cepat dan lingkungan tetap terjaga.

Selain program utama, beberapa program pendukung juga diterapkan, seperti kegiatan akademik dan mengaji, lomba madrasah, dan pojok baca untuk mendorong semangat belajar anak-anak di kampung ini.

Namun, pelaksanaan program tidak terlepas dari beberapa kendala, termasuk akses sulit ke lokasi, terbatasnya akses internet, dan miskomunikasi antara anggota tim dan pihak luar. Meskipun begitu, kelompok ini berhasil mengatasi setiap hambatan dengan matang.

Melalui program ini, Kampung Margamukti bergerak maju dalam mendukung kehidupan yang lebih peduli terhadap lingkungan dan berkelanjutan. Langkah ini tidak hanya membangun akses sanitasi yang lebih baik, tetapi juga menjalin hubungan yang kuat antarwarga dan memperkuat komunikasi dalam rangka menciptakan kerjasama yang lebih baik untuk masa depan yang lebih baik.

28

views