Kunjungan Tim LPPM ITB ke Kampung Ilmu, di Desa Cisarua dan Desa Pesanggrahan, Kecamatan Tegalwaru,

Kunjungan Tim LPPM ITB ke Kampung Ilmu, di Desa Cisarua dan Desa Pesanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 

Tags: ITB SDGsQuality Education, Educational EnvironmentDevelopment Aid

Rabu, 2 Juni 2021, tim LPPM ITB melakukan kunjungan ke Kampung Ilmu dalam rangka pengembangan program MBKM ITB. Kunjungan ini dihadiri oleh Deny Willy Junaidy (Sekretaris Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM ITB), Muhammad Ihsan (Tim Humas Program MBKM  ITB), Banung Grahita (Kaprodi S1 DKV FSRD ITB), Ima Mulyama (Koordinator MBKM SITH ITB), Ferdyansyah Poernama (Kasubag Pengmas dan KKN LPPM ITB), dan Rusmini Hakim (Kepsek SMKN 1 Sei Menggaris, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara), serta beberapa tim mahasiswa dari SAPPK, FMIPA, dan FTSL. 

Tim LPPM ITB berkoordinasi dengan Imam B Prasodjo (sosiolog UI) selaku pendiri dan penggerak Kampung Ilmu beserta tim sukarelawan. Kampung Ilmu merupakan lingkungan pendidikan berbasis masyarakat dibangun secara gotong-royong dengan tujuan mengintegrasikan pendidikan formal dan non-formal. Penggerak Kampung Ilmu ini diinisiasi oleh praktisi dan akademisi dengan misi membangun sumber daya manusia mandiri, berintegritas, berkapasitas, kreatif , inovatif, dan mampu bersinergi untuk terjadinya perubahan kehidupan yang lebih baik.

Kampung Ilmu menjadi pusat kegiatan dari Kebun Ilmu, Rumah Ilmu, Saung Sehat, Rumah Inspiratif, dan Kebun Cilele. Kampung Ilmu dirancang sebagai lokasi pelatihan usaha (livelihood) pertanian, peternakan, dan perikanan.

Dalam rangka merancang program MBKM ITB bersama Kampung Ilmu, tim LPPM ITB akan merencanakan program-program asistensi mengajar dari mahasiswa dan pengabdian masyarakat bagi Dosen ITB di Kampung Ilmu di lahan sebesar 4,7 hektar dengan berbagai fasilitas training yang memadai.

1103

views